Mata
Pelajaran : Bahasa Bali
Kelas
/ SMT : VI / II
Standar
Kompetensi : 5. Memahami ragam wacana lisan,
prosa, puisi bali anyar gendingan, dan drama pendek
KOMPETENSI
DASAR
|
TR
KD
|
MATERI
POKOK
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
TR
IPK
|
PENILAIAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
SUMBER
BELAJAR
|
Mendengarkan
5.1 Menyimpulkan
isi berita yang didengar dari televisi
atau radio
|
C2
|
Berita "Pariwisata
Bali Ngamecikang"
|
Tatap Muka ( TM )
1 Menggali
informasi tentang materi pembelajaran yang dilakukan melalui berbagai media
2 Melakukan
diskusi kelompok dan turnamen
3 Menyimpulkan
hasil diskusi dan perhitungan skor
Penugasan Terstruktur (PT)
Kegiatan Mandiri Tidak Terstruktur (KMTT)
|
5.1.1
Mencatat pokok-pokok berita yang
didengar dari televisi atau radio (disiplin)
5.1.2
Merangkum isi berita yang didengar dari
televsi atau radio (kerja keras)
5.1.3
Menjelaskan isi berita yang didengar
(komunikatif)
|
C1
C2
C2
|
1. Tes Essay
2.
Pengamatan keterampilan berdiskusi
3.
Pengamatan aktifitas belajar
4.
Pengamatan akhlak mulia
|
2 x 35 menit
|
1. Buku
2. Media
|
SILABUS
Mata
Pelajaran : Bahasa Bali
Kelas
/ SMT : VI / II
Standar
Kompetensi : 5. Memahami ragam wacana lisan,
prosa, puisi bali anyar, gendingan, dan drama pendek
KOMPETENSI
DASAR
|
TR
KD
|
MATERI
POKOK
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
TR
IPK
|
PENILAIAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
SUMBER
BELAJAR
|
Mendengarkan
5.2 Menceritakan
isi drama pendek yang disampaikan secara lisan
|
C2
|
Drama "wajib belajar 9
tahun"
|
Tatap Muka ( TM )
1 Menggali informasi
tentang materi pembelajaran yang dilakukan
melalui berbagai media
2 Melakukan
diskusi kelompok dan turnamen
3 Menyimpulkan
hasil diskusi dan perhitungan skor
Penugasan Terstruktur (PT)
Menjawab
soal yang diberikan guru
Kegiatan Mandiri Tidak Terstruktur (KMTT)
|
5.2.1 Menyimak dengan seksama drama pendek yang
didengar (rasa ingin tahu)
5.2.2 Mencatat pokok-pokok cerita drama pendek
yang didengar(disiplin)
5.2.3 Menjelaskan isi drama pendek yang di dengar
secara lisan (komunikatif)
|
C1
C2
C1
|
1. Tes Essay
2.
Pengamatan keterampilan berdiskusi
3.
Pengamatan aktifitas belajar
4.
Pengamatan akhlak mulia
|
2 x 35 menit
|
1. Buku
2. Media
|
SILABUS
Mata
Pelajaran : Bahasa Bali
Kelas
/ SMT : VI / II
Standar
Kompetensi : 6. Mengungkapkan pikiran,
perasaan informasi dengan berpidato bercerita dan baca puisi Bali anyar
KOMPETENSI
DASAR
|
TR
KD
|
MATERI
POKOK
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
TR
IPK
|
PENILAIAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
SUMBER
BELAJAR
|
Mendengarkan
6.1 Berpidato untuk berbagai keperluan (acara,
perpisahan, perayaan ulang tahun sekolah, dll) dengan lafal, intonasi, dan
sikap tepat
|
C2
|
Pidato "nyanggra perpisahan.
Sekolah”
|
Tatap Muka ( TM )
1 Siswa menggali
informasi dari berbagai sumber
2 Memberikan
tongkat kepada siswa/kelompok, siswa yangmembawa tongkat menjawab pertanyaan
guru
3 Menyimpulkan
hasil diskusi dan perhitungan skor
Penugasan Terstruktur (PT)
Menjawab
soal yang diberikan guru
Kegiatan Mandiri Tidak Terstruktur (KMTT)
Berpidato
tentang ulang tahun
|
6.1.1 Memilih tema pidato yang akan dibawakan
(kreatif)
6.1.2 Melakukan latihan berpidato sesuai tema yang
dipilih dengan lafal, intonasi, dan sikap yang tepat (disiplin)
6.1.3 Menyampaikan pidato yang ditulis dengan
lafal , intonasi dan sikap yang tepat (komunikatif)
|
C1
C2
C2
|
1. Tes Essay
2. Pengamatan keterampilan berbicara
3. Pengamatan aktifitas belajar
4. Pengamatan akhlak mulia
|
2 x 35 menit
|
1. Buku
2. Media
|
SILABUS
Mata
Pelajaran : Bahasa Bali
Kelas
/ SMT : VI / II
Standar
Kompetensi : 6. Mengungkapkan pikiran,
perasaan informasi dengan berpidato bercerita dan baca puisi Bali anyar
KOMPETENSI
DASAR
|
TR
KD
|
MATERI
POKOK
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
TR
IPK
|
PENILAIAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
SUMBER
BELAJAR
|
Mendengarkan
6.2 Menceritakan pengalaman tentang liburan
|
C2
|
Pengalaman Pribadi liburan
|
Tatap Muka ( TM )
1 Siswa menggali
informasi dari berbagai sumber
2 Memberikan
tongkat kepada siswa/kelompok, siswa yangmembawa tongkat menjawab pertanyaan
guru
3 Menyimpulkan
hasil diskusi dan perhitungan skor
Penugasan Terstruktur (PT)
Kegiatan Mandiri Tidak Terstruktur (KMTT)
|
6.2.1 Menulis hal-hal penting tentang pengalaman
pribadi saatliburan (kreatif)
6.2.2 Melakukan latihan menceritakan penglaman
berdasarkan hal-hal penting dengan ekspresi yang sesuai (Kreatif)
6.2.3 Menyampaikan pengalaman di depan kelas
(komunikatif)
|
C1
C2
C2
|
1. Pengamatan keterampilan berbicara
2. Pengamatan aktifitas belajar
3. Pengamatan akhlak mulia
|
2 x 35 menit
|
1. Buku
2. Media
|
SILABUS
Mata
Pelajaran : Bahasa Bali
Kelas
/ SMT : VI / II
Standar
Kompetensi : 6. Mengungkapkan pikiran,
perasaan informasi dengan berpidato bercerita dan baca puisi Bali anyar
KOMPETENSI
DASAR
|
TR
KD
|
MATERI
POKOK
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
TR
IPK
|
PENILAIAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
SUMBER
BELAJAR
|
Mendengarkan
6.3. Membaca Puisi Bali Anyar karya sendiri
dengan ekspresi yang tepat
|
C1
|
Puisi Bali Anyar karya siswa
|
Tatap Muka ( TM )
1 Siswa menggali
informasi dari berbagai sumber
2 Memberikan
tongkat kepada siswa/kelompok, siswa yangmembawa tongkat menjawab pertanyaan
guru
3 Menyimpulkan
hasil diskusi dan perhitungan skor
Penugasan Terstruktur (PT)
Kegiatan Mandiri Tidak Terstruktur (KMTT)
|
6.3.1 Menyebutkan unsur-unsur intrinsik yang
terdapat dalam puisi Bali anyar (rasa ingin tahu)
6.3.2 Menyebutkan cara/ tehnik membaca puisi
(kreatif)
6.3.3 Memilih tema puisi Bali Anyar (kreatif)
6.3.4 Menulis dengan kata-kata sendiri Puisi Bali
Anyar sesuai tema (kreatif)
6.3.5 Melakukan latihan membaca puisi yang ditulis
dengan ekspresi yang tepat (disiplin)
6.3.6 Membaca puisi yang ditulis dengan ekspresi
yang tepat di depan kelas (komunikatif)
|
C1
C1
C1
C1
C1
C1
|
1. Tes Essay
2. Pengamatan keterampilan berbicara
3. Pengamatan aktifitas belajar
4. Pengamatan akhlak mulia
|
2 x 35 menit
|
1. Buku
2. Media
|
SILABUS
Mata
Pelajaran : Bahasa Bali
Kelas
/ SMT : VI / II
Standar
Kompetensi : 7. Memahami teks yang bersifat sastra dan non
sastra, gendingan, puisi berhuruf latin dan beraksara Bali dengan membaca
itensif dan membaca lancar
KOMPETENSI
DASAR
|
TR
KD
|
MATERI
POKOK
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
TR
IPK
|
PENILAIAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
SUMBER
BELAJAR
|
Mendengarkan
7.1 Menemukan makna tersirat suatu teks sastra
dan non sastra huruf latin dan aksara Bali melalui membaca intensif
|
C3
|
Sang
Abhimaniu, Sayang ring meme bapa
|
Tatap Muka ( TM )
1 Siswa menggali
informasi dari berbagai sumber
2 Melakukan
diskusi kelompok dan membuat pertanyaan untuk dilempar kepada kelompok lain
unguk ditanggapi
3. Menyimpulkan hasil pembelajaran
Penugasan Terstruktur (PT)
Kegiatan Mandiri Tidak Terstruktur (KMTT)
|
7.1.1 Menyebutkan
langkah-langkah/tehnik membaca intensif (rasa ingin tahu)
7.1.2 Membaca intensif suatu
teks sastra dan non sastra huruf latin dan aksara Bali (gemar merabaca)
7.1.3 Menandai pokok-pokok
pikiran teks sastra dan non sastra huruf latin dan aksara bali (kerja keras)
7.1.4 Mengidentifikasi makna
tersirat suatu teks sastra dan non sastra huruf latin dan aksara Bali
(kreatif)
7.1.5 Menjelaskan makna yang
tersirat suatu teks sastra dan non sastra huruf latin dan aksara Bali
(komunikatif)
|
C1
A3
C1
C1
C2
|
1. Tes Essay
2. Pengamatan keterampilan/ Teknik membaca
3. Pengamatan kepribadian siswa
4. Pengamatan akhlak mulia
|
2 x 35 menit
|
1. Buku
2. Media
|
SILABUS
Mata
Pelajaran : Bahasa Bali
Kelas
/ SMT : VI / II
Standar
Kompetensi : 7. Memahami teks yang bersifat sastra dan non
sastra, gendingan, puisi berhuruf latin dan beraksara Bali dengan membaca
itensif dan membaca lancar
KOMPETENSI
DASAR
|
TR
KD
|
MATERI
POKOK
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
TR
IPK
|
PENILAIAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
SUMBER
BELAJAR
|
Mendengarkan
7.2. Mengidentifikasi berbagai unsur (tokoh,
sifat, latar, tema, jalan cerita, dan amanat) dari teks drama anak
|
C1
|
Drama
anak "I yuyu
malaksana
melah"
|
Tatap Muka ( TM )
1 Siswa menggali
informasi dari berbagai sumber
2 Melakukan
diskusi kelompok dan membuat pertanyaan untuk dilempar kepada kelompok lain
unguk ditanggapi
3. Menyimpulkan hasil pembelajaran
Penugasan Terstruktur (PT)
Kegiatan Mandiri Tidak Terstruktur (KMTT)
|
7.2.1 Menyebutkan pengertian tokoh, latar, tema
dan amanat (rasa ingin tahu)
7.2.2 Membaca intensif teks drama anak (gemar
membaca)
7.2.3 Mengidentifikasi tokoh, sifat, latar, tema,
jalan cerita, dan amanat dari teks drama anak (rasa ingin tahu)
7.2.4 Menyebutkan tokoh, sifat, latar, tema, jalan
cerita, dan amanat dari teks drama anak (tanggung jawab)
|
C1
A3
C1
C1
|
1. Tes Essay
2. Pengamatan keterampilan/ Teknik membaca
3. Pengamatan kepribadian siswa
4. Pengamatan akhlak mulia
|
2 x 35 menit
|
1. Buku
2. Media
|
SILABUS
Mata
Pelajaran : Bahasa Bali
Kelas
/ SMT : VI / II
Standar
Kompetensi : 7. Memahami teks yang bersifat sastra dan non
sastra, gendingan, puisi berhuruf latin dan beraksara Bali dengan membaca
itensif dan membaca lancar
KOMPETENSI
DASAR
|
TR
KD
|
MATERI
POKOK
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
TR
IPK
|
PENILAIAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
SUMBER
BELAJAR
|
Mendengarkan
7.3 Membaca
lancar Puisi Bali huruf latin dan Aksara Bali dengan lafal dan intonasi yang
sesuai
|
C1
|
Puisi "meme"
|
Tatap Muka ( TM )
1 Siswa menggali
informasi dari berbagai sumber
2 Melakukan
diskusi kelompok dan membuat pertanyaan untuk dilempar kepada kelompok lain
unguk ditanggapi
3. Menyimpulkan hasil pembelajaran
Penugasan Terstruktur (PT)
Menjawab
soal yang diberikan guru
Kegiatan Mandiri Tidak Terstruktur (KMTT)
Membaca
puisi
|
7.3.1 Menyebutkan langkah-langkah (tehnik) membaca
indah (rasa ingin tahu)
7.3.2 Melatih diri membaca indah puisi Bali huruf
latin dan beraksara Bali dengan lafal dan intonasi yang sesuai (kreatif)
7.3.3 Membaca lancar Puisi Bali huruf latin dan
aksara Bali dengan lafal dan intonasi yang sesuai (gemar membaca)
|
C1
A2
C1
|
1. Tes Essay
2. Pengamatan keterampilan/ Teknik membaca
3. Pengamatan kepribadian siswa
4. Pengamatan akhlak mulia
|
2 x 35 menit
|
1. Buku
2. Media
|
SILABUS
Mata
Pelajaran : Bahasa Bali
Kelas
/ SMT : VI / II
Standar
Kompetensi : 8. Mengungkapkan pikiran, dan perasaan melalui
bahasa tulis berhuruf latin dan beraksara Bali, menyalin teks beraksara Bali ke
huruf latin dan dari huruf latin ke aksara Bali
KOMPETENSI
DASAR
|
TR
KD
|
MATERI
POKOK
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
TR
IPK
|
PENILAIAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
SUMBER
BELAJAR
|
Mendengarkan
8.1 Menyusun naskah pidato / sambutan
menggunakan huruf latin dan aksara Bali
|
C3
|
Pidato
|
Tatap Muka ( TM )
1 Siswa menggali
informasi dari berbagai sumber
2 Siswa
melakukan pembelajaran secara terbimbing
3. Siswa melakukan pembelajaran secara mandiri
4. Menyimpulkan hasil pembelajaran
Penugasan Terstruktur (PT)
Kegiatan Mandiri Tidak Terstruktur (KMTT)
|
8.1.1 Menyebutkan struktur
pidato (rasa ingintahu)
8.1.2 Memilih tema pidato
(kreatif)
8.1.3 Menyusun naskah pidato
sederhana dengan menggunakan huruf latin dan Aksara Bali (kerja keras)
|
C1
C2
C3
|
1 Tes Essay
2 Pengamatan aktifitas
belajar
3 Pengamatan akhlak mulia
4 Hasil karya
|
2 x 35 menit
|
1. Buku
2. Media
|
SILABUS
Mata
Pelajaran : Bahasa Bali
Kelas
/ SMT : VI / II
Standar
Kompetensi : 8. Mengungkapkan pikiran, dan perasaan melalui
bahasa tulis berhuruf latin dan beraksara Bali, menyalin teks beraksara Bali ke
huruf latin dan dari huruf latin ke aksara Bali
KOMPETENSI
DASAR
|
TR
KD
|
MATERI
POKOK
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
TR
IPK
|
PENILAIAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
SUMBER
BELAJAR
|
Mendengarkan
8.2 Menyalin teks beraksara bali ke huruf latin
|
C2
|
Teks
Aksara Bali
|
Tatap Muka ( TM )
1 Siswa menggali
informasi dari berbagai sumber
2 Siswa
melakukan pembelajaran secara terbimbing
3. Siswa melakukan pembelajaran secara mandiri
4. Menyimpulkan hasil pembelajaran
Penugasan Terstruktur (PT)
Menjawab
pertanyaan yang diberikan guru
Kegiatan Mandiri Tidak Terstruktur (KMTT)
Menyalin
aksara latin ke aksara Bali
|
8.2.1 Membaca teks Aksara Bali
dengan tehnik membaca nyaring (gemar membaca)
8.2.2 Mengutif teks Aksara Bali
ke huruf latin (kerja keras)
8.2.3 Menulis uger-uger pasang
aksara Bali yang terdapat pada wacana (kreatif)
|
C1
C1
C2
|
1 Tes Essay
2 Pengamatan aktifitas
belajar
3 Pengamatan akhlak mulia
4 Hasil karya
|
2 x 35 menit
|
1. Buku
2. Media
|
SILABUS
Mata
Pelajaran : Bahasa Bali
Kelas
/ SMT : VI / II
Standar
Kompetensi : 8. Mengungkapkan pikiran, dan perasaan melalui
bahasa tulis berhuruf latin dan beraksara Bali, menyalin teks beraksara Bali ke
huruf latin dan dari huruf latin ke aksara Bali
KOMPETENSI
DASAR
|
TR
KD
|
MATERI
POKOK
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
TR
IPK
|
PENILAIAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
SUMBER
BELAJAR
|
Mendengarkan
8.3 Menyalin
teks huruf latin keaksara Bali
|
C2
|
Teks
|
Tatap Muka ( TM )
1 Siswa
mengali informasi dari berbagai sumber
2 Siswa
melakukan pembelajaran secara terbimbing
3. Siswa melakukan pembelajaran secara mandiri
4. Menyimpulkan hasil pembelajaran
Penugasan Terstruktur (PT)
Kegiatan Mandiri Tidak Terstruktur (KMTT)
|
8.3.1 Membaca teks Aksara Latin
(gemar membaca)
8.3.2 Menulis kembali teks
latin yang dibaca dengan Aksara Bali (disiplin)
8.3.3 Menulis uger-uger pasang
aksara Bali yang diyemukan dalam wacana (kreatif)
|
C1
C2
C2
|
1 Tes Essay
2 Pengamatan aktifitas
belajar
3 Pengamatan akhlak mulia
4 Hasil karya
|
2 x 35 menit
|
1. Buku
2. Media
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar