loading...


Jumat, 08 Mei 2015

SILABUS Mata Pelajaran : Bahasa Bali Kelas / SMT : VI / II


SILABUS
File Asli

DOWNLOAD DISINI

Mata Pelajaran          : Bahasa Bali
Kelas / SMT                : VI / II
Standar Kompetensi  : 5. Memahami ragam wacana lisan, prosa, puisi bali anyar gendingan, dan drama pendek

KOMPETENSI DASAR
TR
KD
MATERI POKOK
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
TR
IPK
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
Mendengarkan
5.1  Menyimpulkan isi berita yang didengar dari televisi  atau radio


C2

Berita "Pariwisata Bali Ngamecikang"


Tatap Muka ( TM )

1  Menggali informasi tentang materi pembelajaran yang dilakukan  melalui berbagai media

2  Melakukan diskusi kelompok dan turnamen

3  Menyimpulkan hasil diskusi dan perhitungan skor

Penugasan Terstruktur (PT)

Kegiatan Mandiri Tidak Terstruktur (KMTT)


5.1.1 Mencatat pokok-pokok berita yang didengar dari televisi atau radio (disiplin)

5.1.2 Merangkum isi berita yang didengar dari televsi atau radio (kerja keras)

5.1.3 Menjelaskan isi berita yang didengar (komunikatif)


C1



C2



C2

1.   Tes Essay

2.   Pengamatan keterampilan berdiskusi

3.   Pengamatan aktifitas belajar

4.   Pengamatan akhlak mulia


2 x 35 menit

1. Buku

2. Media




SILABUS

Mata Pelajaran          : Bahasa Bali
Kelas / SMT                : VI / II
Standar Kompetensi  : 5. Memahami ragam wacana lisan, prosa, puisi bali anyar, gendingan, dan drama pendek

KOMPETENSI DASAR
TR
KD
MATERI POKOK
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
TR
IPK
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
Mendengarkan
5.2  Menceritakan isi drama pendek yang disampaikan secara lisan

C2

Drama "wajib belajar 9 tahun"


Tatap Muka ( TM )

1  Menggali informasi tentang materi pembelajaran yang dilakukan  melalui berbagai media

2  Melakukan diskusi kelompok dan turnamen

3  Menyimpulkan hasil diskusi dan perhitungan skor

Penugasan Terstruktur (PT)
    Menjawab soal yang diberikan guru

Kegiatan Mandiri Tidak Terstruktur (KMTT)


5.2.1  Menyimak dengan seksama drama pendek yang didengar (rasa ingin tahu)

5.2.2  Mencatat pokok-pokok cerita drama pendek yang didengar(disiplin)

5.2.3  Menjelaskan isi drama pendek yang di dengar secara lisan (komunikatif)

C1



C2


C1

1.   Tes Essay

2.   Pengamatan keterampilan berdiskusi

3.   Pengamatan aktifitas belajar

4.   Pengamatan akhlak mulia


2 x 35 menit

1. Buku

2. Media


SILABUS

Mata Pelajaran          : Bahasa Bali
Kelas / SMT                : VI / II
Standar Kompetensi  : 6. Mengungkapkan pikiran, perasaan informasi dengan berpidato bercerita dan baca puisi Bali anyar

KOMPETENSI DASAR
TR
KD
MATERI POKOK
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
TR
IPK
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
Mendengarkan
6.1   Berpidato untuk berbagai keperluan (acara, perpisahan, perayaan ulang tahun sekolah, dll) dengan lafal, intonasi, dan sikap tepat


C2

Pidato "nyanggra perpisahan. Sekolah”


Tatap Muka ( TM )

1  Siswa menggali informasi dari berbagai sumber

2  Memberikan tongkat kepada siswa/kelompok, siswa yangmembawa tongkat menjawab pertanyaan guru

3  Menyimpulkan hasil diskusi dan perhitungan skor

Penugasan Terstruktur (PT)
    Menjawab soal yang diberikan guru

Kegiatan Mandiri Tidak Terstruktur (KMTT)
    Berpidato tentang ulang tahun


6.1.1  Memilih tema pidato yang akan dibawakan (kreatif)

6.1.2  Melakukan latihan berpidato sesuai tema yang dipilih dengan lafal, intonasi, dan sikap yang tepat (disiplin)

6.1.3  Menyampaikan pidato yang ditulis dengan lafal , intonasi dan sikap yang tepat (komunikatif)


C1


C2



C2

1.   Tes Essay

2.   Pengamatan keterampilan berbicara

3.   Pengamatan aktifitas belajar

4.   Pengamatan akhlak mulia


2 x 35 menit

1. Buku

2. Media

SILABUS

Mata Pelajaran          : Bahasa Bali
Kelas / SMT                : VI / II
Standar Kompetensi  : 6. Mengungkapkan pikiran, perasaan informasi dengan berpidato bercerita dan baca puisi Bali anyar

KOMPETENSI DASAR
TR
KD
MATERI POKOK
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
TR
IPK
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
Mendengarkan
6.2   Menceritakan pengalaman tentang liburan


C2

Pengalaman Pribadi liburan


Tatap Muka ( TM )

1  Siswa menggali informasi dari berbagai sumber

2  Memberikan tongkat kepada siswa/kelompok, siswa yangmembawa tongkat menjawab pertanyaan guru

3  Menyimpulkan hasil diskusi dan perhitungan skor

Penugasan Terstruktur (PT)
   
Kegiatan Mandiri Tidak Terstruktur (KMTT)
   

6.2.1  Menulis hal-hal penting tentang pengalaman pribadi saatliburan (kreatif)

6.2.2  Melakukan latihan menceritakan penglaman berdasarkan hal-hal penting dengan ekspresi yang sesuai (Kreatif)

6.2.3  Menyampaikan pengalaman di depan kelas (komunikatif)


C1




C2




C2

1.   Pengamatan keterampilan berbicara

2.   Pengamatan aktifitas belajar

3.   Pengamatan akhlak mulia


2 x 35 menit

1. Buku

2. Media




SILABUS

Mata Pelajaran          : Bahasa Bali
Kelas / SMT                : VI / II
Standar Kompetensi  : 6. Mengungkapkan pikiran, perasaan informasi dengan berpidato bercerita dan baca puisi Bali anyar

KOMPETENSI DASAR
TR
KD
MATERI POKOK
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
TR
IPK
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
Mendengarkan
6.3.  Membaca Puisi Bali Anyar karya sendiri dengan ekspresi yang tepat


C1

Puisi Bali Anyar karya siswa


Tatap Muka ( TM )

1  Siswa menggali informasi dari berbagai sumber

2  Memberikan tongkat kepada siswa/kelompok, siswa yangmembawa tongkat menjawab pertanyaan guru

3  Menyimpulkan hasil diskusi dan perhitungan skor

Penugasan Terstruktur (PT)
   
Kegiatan Mandiri Tidak Terstruktur (KMTT)
   

6.3.1  Menyebutkan unsur-unsur intrinsik yang terdapat dalam puisi Bali anyar (rasa ingin tahu)

6.3.2  Menyebutkan cara/ tehnik membaca puisi (kreatif)

6.3.3  Memilih tema puisi Bali Anyar (kreatif)

6.3.4  Menulis dengan kata-kata sendiri Puisi Bali Anyar sesuai tema (kreatif)

6.3.5  Melakukan latihan membaca puisi yang ditulis dengan ekspresi yang tepat (disiplin)

6.3.6  Membaca puisi yang ditulis dengan ekspresi yang tepat di depan kelas (komunikatif)


C1



C1


C1


C1



C1



C1


1.   Tes Essay

2.   Pengamatan keterampilan berbicara

3.   Pengamatan aktifitas belajar

4.   Pengamatan akhlak mulia


2 x 35 menit

1. Buku

2. Media



SILABUS

Mata Pelajaran          : Bahasa Bali
Kelas / SMT                : VI / II
Standar Kompetensi  : 7.  Memahami teks yang bersifat sastra dan non sastra, gendingan, puisi berhuruf latin dan beraksara Bali dengan membaca itensif dan membaca lancar

KOMPETENSI DASAR
TR
KD
MATERI POKOK
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
TR
IPK
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
Mendengarkan
7.1   Menemukan makna tersirat suatu teks sastra dan non sastra huruf latin dan aksara Bali melalui membaca intensif


C3

Sang Abhimaniu, Sayang ring meme bapa


Tatap Muka ( TM )

1  Siswa menggali informasi dari berbagai sumber

2  Melakukan diskusi kelompok dan membuat pertanyaan untuk dilempar kepada kelompok lain unguk ditanggapi

3. Menyimpulkan hasil pembelajaran

Penugasan Terstruktur (PT)
   
Kegiatan Mandiri Tidak Terstruktur (KMTT)
   

7.1.1  Menyebutkan langkah-langkah/tehnik membaca intensif (rasa ingin tahu)

7.1.2  Membaca intensif suatu teks sastra dan non sastra huruf latin dan aksara Bali (gemar merabaca)

7.1.3  Menandai pokok-pokok pikiran teks sastra dan non sastra huruf latin dan aksara bali (kerja keras)

7.1.4  Mengidentifikasi makna tersirat suatu teks sastra dan non sastra huruf latin dan aksara Bali (kreatif)

7.1.5   Menjelaskan makna yang tersirat suatu teks sastra dan non sastra huruf latin dan aksara Bali (komunikatif)

C1



A3




C1




C1




C2


1.   Tes Essay

2.   Pengamatan keterampilan/ Teknik membaca

3.   Pengamatan kepribadian siswa

4.   Pengamatan akhlak mulia


2 x 35 menit

1. Buku

2. Media

SILABUS

Mata Pelajaran          : Bahasa Bali
Kelas / SMT                : VI / II
Standar Kompetensi  : 7.  Memahami teks yang bersifat sastra dan non sastra, gendingan, puisi berhuruf latin dan beraksara Bali dengan membaca itensif dan membaca lancar

KOMPETENSI DASAR
TR
KD
MATERI POKOK
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
TR
IPK
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
Mendengarkan
7.2.  Mengidentifikasi berbagai unsur (tokoh, sifat, latar, tema, jalan cerita, dan amanat) dari teks drama anak


C1

Drama anak "I yuyu
malaksana melah"


Tatap Muka ( TM )

1  Siswa menggali informasi dari berbagai sumber

2  Melakukan diskusi kelompok dan membuat pertanyaan untuk dilempar kepada kelompok lain unguk ditanggapi

3. Menyimpulkan hasil pembelajaran

Penugasan Terstruktur (PT)
   
Kegiatan Mandiri Tidak Terstruktur (KMTT)
   

7.2.1  Menyebutkan pengertian tokoh, latar, tema dan amanat (rasa ingin tahu)

7.2.2  Membaca intensif teks drama anak (gemar membaca)

7.2.3  Mengidentifikasi tokoh, sifat, latar, tema, jalan cerita, dan amanat dari teks drama anak (rasa ingin tahu)

7.2.4  Menyebutkan tokoh, sifat, latar, tema, jalan cerita, dan amanat dari teks drama anak (tanggung jawab)

C1



A3


C1




C1



1.   Tes Essay

2.   Pengamatan keterampilan/ Teknik membaca

3.   Pengamatan kepribadian siswa

4.   Pengamatan akhlak mulia


2 x 35 menit

1. Buku

2. Media



SILABUS

Mata Pelajaran          : Bahasa Bali
Kelas / SMT                : VI / II
Standar Kompetensi  : 7.  Memahami teks yang bersifat sastra dan non sastra, gendingan, puisi berhuruf latin dan beraksara Bali dengan membaca itensif dan membaca lancar

KOMPETENSI DASAR
TR
KD
MATERI POKOK
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
TR
IPK
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
Mendengarkan
7.3   Membaca lancar Puisi Bali huruf latin dan Aksara Bali dengan lafal dan intonasi yang sesuai

C1

Puisi "meme"

Tatap Muka ( TM )

1  Siswa menggali informasi dari berbagai sumber

2  Melakukan diskusi kelompok dan membuat pertanyaan untuk dilempar kepada kelompok lain unguk ditanggapi

3. Menyimpulkan hasil pembelajaran

Penugasan Terstruktur (PT)
    Menjawab soal yang diberikan guru

Kegiatan Mandiri Tidak Terstruktur (KMTT)
    Membaca puisi 

7.3.1  Menyebutkan langkah-langkah (tehnik) membaca indah (rasa ingin tahu)

7.3.2  Melatih diri membaca indah puisi Bali huruf latin dan beraksara Bali dengan lafal dan intonasi yang sesuai (kreatif)

7.3.3  Membaca lancar Puisi Bali huruf latin dan aksara Bali dengan lafal dan intonasi yang sesuai (gemar membaca)

C1



A2




C1



1.   Tes Essay

2.   Pengamatan keterampilan/ Teknik membaca

3.   Pengamatan kepribadian siswa

4.   Pengamatan akhlak mulia


2 x 35 menit

1. Buku

2. Media

SILABUS

Mata Pelajaran          : Bahasa Bali
Kelas / SMT                : VI / II
Standar Kompetensi  : 8.  Mengungkapkan pikiran, dan perasaan melalui bahasa tulis berhuruf latin dan beraksara Bali, menyalin teks beraksara Bali ke huruf latin dan dari huruf latin ke aksara Bali

KOMPETENSI DASAR
TR
KD
MATERI POKOK
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
TR
IPK
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
Mendengarkan
8.1   Menyusun naskah pidato / sambutan menggunakan huruf latin dan aksara Bali


C3

Pidato


Tatap Muka ( TM )

1  Siswa menggali informasi dari berbagai sumber

2  Siswa melakukan pembelajaran secara terbimbing

3. Siswa melakukan pembelajaran secara mandiri

4. Menyimpulkan hasil pembelajaran

Penugasan Terstruktur (PT)

Kegiatan Mandiri Tidak Terstruktur (KMTT)   
   

8.1.1 Menyebutkan struktur pidato (rasa ingintahu)

8.1.2 Memilih tema pidato (kreatif)

8.1.3  Menyusun naskah pidato sederhana dengan menggunakan huruf latin dan Aksara Bali (kerja keras)


C1


C2

C3



1    Tes Essay

2    Pengamatan aktifitas belajar

3    Pengamatan akhlak mulia

4    Hasil karya


2 x 35 menit

1. Buku

2. Media


SILABUS

Mata Pelajaran          : Bahasa Bali
Kelas / SMT                : VI / II
Standar Kompetensi  : 8.  Mengungkapkan pikiran, dan perasaan melalui bahasa tulis berhuruf latin dan beraksara Bali, menyalin teks beraksara Bali ke huruf latin dan dari huruf latin ke aksara Bali

KOMPETENSI DASAR
TR
KD
MATERI POKOK
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
TR
IPK
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
Mendengarkan
8.2  Menyalin teks beraksara bali ke huruf latin


C2

Teks Aksara Bali


Tatap Muka ( TM )

1  Siswa menggali informasi dari berbagai sumber

2  Siswa melakukan pembelajaran secara terbimbing

3. Siswa melakukan pembelajaran secara mandiri

4. Menyimpulkan hasil pembelajaran

Penugasan Terstruktur (PT)
    Menjawab pertanyaan yang diberikan guru
Kegiatan Mandiri Tidak Terstruktur (KMTT)
    Menyalin aksara latin ke aksara Bali

8.2.1 Membaca teks Aksara Bali dengan tehnik membaca nyaring (gemar membaca)

8.2.2  Mengutif teks Aksara Bali ke huruf latin (kerja keras)

8.2.3 Menulis uger-uger pasang aksara Bali yang terdapat pada wacana (kreatif)


C1



C1


C2



1    Tes Essay

2    Pengamatan aktifitas belajar

3    Pengamatan akhlak mulia

4    Hasil karya


2 x 35 menit

1. Buku

2. Media
SILABUS

Mata Pelajaran          : Bahasa Bali
Kelas / SMT                : VI / II
Standar Kompetensi  : 8.  Mengungkapkan pikiran, dan perasaan melalui bahasa tulis berhuruf latin dan beraksara Bali, menyalin teks beraksara Bali ke huruf latin dan dari huruf latin ke aksara Bali

KOMPETENSI DASAR
TR
KD
MATERI POKOK
KEGIATAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR
TR
IPK
PENILAIAN
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
Mendengarkan
8.3  Menyalin teks huruf latin keaksara Bali

C2

Teks

Tatap Muka ( TM )

1  Siswa mengali informasi dari berbagai sumber

2  Siswa melakukan pembelajaran secara terbimbing

3. Siswa melakukan pembelajaran secara mandiri

4. Menyimpulkan hasil pembelajaran

Penugasan Terstruktur (PT)
   
Kegiatan Mandiri Tidak Terstruktur (KMTT)
   

8.3.1 Membaca teks Aksara Latin (gemar membaca)

8.3.2  Menulis kembali teks latin yang dibaca dengan Aksara Bali (disiplin)

8.3.3  Menulis uger-uger pasang aksara Bali yang diyemukan dalam wacana (kreatif)

C1


C2



C2



1    Tes Essay

2    Pengamatan aktifitas belajar

3    Pengamatan akhlak mulia

4    Hasil karya


2 x 35 menit

1. Buku

2. Media


Tidak ada komentar:

Posting Komentar