loading...


Jumat, 08 Mei 2015

ANALISIS STANDAR ISI : PEMETAAN SK-SD Bahasa Bali Kelas VI / II

FILE ASLINYA:

DOWNLOAD DISINI AJA


ANALISIS STANDAR ISI : PEMETAAN SK-SD

Nama Sekolah                : SD No. 4 Panji
Mata Pelajaran              : Bahasa Bali
Kelas / Semester             : VI / II
Standar kompetensi      : 5. Memahami ragam wacana lisan, prosa, puisi Bali anyar, gendingan, dan drama pendek

Kompetensi Dasar
TR
KD
Materi Pokok
Indikator
TR
IPK
Penilaian
Strategi pembelajaran aktif yang digunakan
Mendengarkan
5.1   Menyimpulkan isi berita yang didengar dari televisi  atau radio









5.2  Menceritakan isi drama pendek yang disampaikan secara lisan






C2










C2

Berita "Pariwisata Bali Ngamecikang"








Drama "wajib belajar 9 tahun"



5.1.1 Mencatat pokok-pokok berita yang didengar dari televisi atau radio (disiplin)

5.1.2 Merangkum isi berita yang didengar dari televsi atau radio (kerja keras)

5.1.3 Menjelaskan isi berita yang didengar (komunikatif)

5.2.1  Menyimak dengan seksama drama pendek yang didengar (rasa ingin tahu)

5.2.2  Mencatat pokok-pokok cerita drama pendek yang didengar (disiplin)

5.2.3  Menjelaskan isi drama pendek yang di dengar secara lisan (komunikatif)

C1



C2



C2


C1



C1



C1

1.   Tes Essay

2.   Pengamatan keterampilan berdiskusi

3.   Pengamatan aktifitas belajar

4.   Pengamatan akhlak mulia









Permainan pesan berantai

TGT

1. Pembentukan kelompok

2. Penyajian materi

3. Diskusi

4. Menyiapkan meja turnamen, siswa yang memiliki kemampuan setara duduk pada meja yang sama

5. Melaksanakan turnamen

6.  Perhitungan skor kelompok dan individu

ANALISIS STANDAR ISI : PEMETAAN SK-SD

Nama Sekolah                : SD No. 4 Panji
Mata Pelajaran              : Bahasa Bali
Kelas / Semester             : VI / II
Standar kompetensi      : 6. Mengungkapkan pikiran, perasaan informasi dengan berpidato bercerita dan baca puisi Bali anyar

Kompetensi Dasar
TR
KD
Materi Pokok
Indikator
TR
IPK
Penilaian
Strategi pembelajaran aktif yang digunakan
Berbicara
6.1   Berpidato untuk berbagai keperluan (acara, perpisahan, perayaan ulang tahun sekolah, dll) dengan lafal, intonasi, dan sikap tepat








6.2   Menceritakan pengalaman tentang liburan










6.3.  Membaca Puisi Bali Anyar karya sendiri dengan ekspresi yang tepat


C2











C2











C1



Pidato "nyanggra perpisahan. Sekolah”









Pengalaman Pribadi liburan










Puisi Bali Anyar karya siswa






6.1.1  Memilih tema pidato yang akan dibawakan (kreatif)

6.1.2  Melakukan latihan berpidato sesuai tema yang dipilih dengan lafal, intonasi, dan sikap yang tepat (disiplin)

6.1.3  Menyampaikan pidato yang ditulis dengan lafal , intonasi dan sikap yang tepat (komunikatif)

6.2.1  Menulis hal-hal penting tentang pengalaman pribadi saat liburan (kreatif)

6.2.2  Melakukan latihan menceritakan penglaman berdasarkan hal-hal penting dengan ekspresi yang sesuai (Kreatif)

6.2.3  Menyampaikan pengalaman di depan kelas (komunikatif)

6.3.1  Menyebutkan unsur-unsur intrinsik yang terdapat dalam puisi Bali anyar (rasa ingin tahu)

6.3.2  Menyebutkan cara/ tehnik membaca puisi (kreatif)

6.3.3  Memilih tema puisi Bali Anyar (kreatif)

6.3.4  Menulis dengan kata-kata sendiri Puisi Bali Anyar sesuai tema (kreatif)

6.3.5  Melakukan latihan membaca puisi yang ditulis dengan ekspresi yang tepat (disiplin)

6.3.6  Membaca puisi yang ditulis dengan ekspresi yang tepat di depan kelas (komunikatif)

C1


C2




C2



C1


C2



C2




C1



C1


C1


C1



C1



C1



1.   Tes Essay

2.   Pengamatan keterampilan berbicara

3.   Pengamatan aktifitas belajar

4.   Pengamatan akhlak mulia


Menanyakan kegiatan siswa pada hari sebelumnya

Talking stick

1. Guru mempersiapkan tongkat

2. Menyajikan materi

3. Memberikan tongkat kepada siswa, siswa yang membawa tongkat menjawab pertanyaan guru

4.  Kesimpulan










ANALISIS STANDAR ISI : PEMETAAN SK-SD

Nama Sekolah                : SD No. 4 Panji
Mata Pelajaran              : Bahasa Bali
Kelas / Semester             : VI / II
Standar kompetensi      : 7.  Memahami teks yang bersifat sastra dan non sastra, gendingan, puisi berhuruf latin dan beraksara Bali dengan membaca intensif dan membaca lancar

Kompetensi Dasar
TR
KD
Materi Pokok
Indikator
TR
IPK
Penilaian
Strategi pembelajaran aktif yang digunakan
Membaca
7.1   Menemukan makna tersirat suatu teks sastra dan non sastra huruf latin dan aksara Bali melalui membaca intensif




















7.2.  Mengidentifikasi berbagai unsur (tokoh, sifat, latar, tema, jalan cerita, dan amanat) dari teks drama anak













7.3   Membaca lancar Puisi Bali huruf latin dan Aksara Bali dengan lafal dan intonasi yang sesuai

C3






















C1















C1

Sang Abhimaniu, sayang ring meme bapa




















Drama anak "I yuyu
malaksana melah"












Puisi "Meme"

7.1.1  Menyebutkan langkah-langkah/tehnik membaca intensif (rasa ingin tahu)

7.1.2  Membaca intensif suatu teks sastra dan non sastra huruf latin dan aksara Bali (gemar membaca)

7.1.3  Menandai pokok-pokok pikiran teks sastra dan non sastra huruf latin dan aksara bali (kerja keras)

7.1.4  Mengidentifikasi makna tersirat suatu teks sastra dan non sastra huruf latin dan aksara Bali (kreatif)

7.1.5  Menjelaskan makna yang tersirat suatu teks sastra dan non sastra huruf latin dan aksara Bali (komunikatif)


7.2.1  Menyebutkan pengertian tokoh, latar, tema dan amanat (rasa ingin tahu)

7.2.2  Membaca intensif teks drama anak (gemar membaca)

7.2.3  Mengidentifikasi tokoh, sifat, latar, tema, jalan cerita, dan amanat dari teks drama anak (rasa ingin tahu)

7.2.4  Menyebutkan tokoh, sifat, latar, tema, jalan cerita, dan amanat dari teks drama anak (tanggung jawab)

7.3.1  Menyebutkan langkah-langkah (tehnik) membaca indah (rasa ingin tahu)

7.3.2  Melatih diri membaca indah puisi Bali huruf latin dan beraksara Bali dengan lafal dan intonasi yang sesuai (kreatif)

7.3.3  Membaca lancar Puisi Bali huruf latin dan aksara Bali dengan lafal dan intonasi yang sesuai (gemar membaca)

C1



A3



C1



C1




C2





C1



A3


C1




C1



C1



A2




C1



1.   Tes Essay

2.   Pengamatan keterampilan/ Teknik membaca

3.   Pengamatan kepribadian siswa

4.   Pengamatan akhlak mulia


main kata

Snowball throwing

1   Ceramah/informasi umum

2   Pembentukan kelompok

3   Diskusi kelompok

4.  Membuat pertanyaan/tugas untuk kelompok lain

5. Diskusi kelas

6.  Kesimpulan

7.  Refleksi

8.  Evaluasi


ANALISIS STANDAR ISI : PEMETAAN SK-SD

Nama Sekolah                : SD No. 4 Panji
Mata Pelajaran              : Bahasa Bali
Kelas / Semester             : VI / II
Standar kompetensi      : 8.  Mengungkapkan pikiran, dan perasaan melalui bahasa tulis berhuruf latin dan beraksara Bali, menyalin teks beraksara Bali ke huruf latin dan dari huruf latin ke aksara Bali

Kompetensi Dasar
TR
KD
Materi Pokok
Indikator
TR
IPK
Penilaian
Strategi pembelajaran aktif yang digunakan
Menulis
8.1   Menyusun naskah pidato / sambutan menggunakan huruf latin dan aksara Bali







8.2  Menyalin teks beraksara bali ke huruf latin










8.3  Menyalin teks huruf latin keaksara Bali

C3









C2











C2

Pidato









Teks Aksara Bali











Teks


8.1.1 Menyebutkan struktur pidato (rasa ingin tahu)

8.1.2 Memilih tema pidato (kreatif)

8.1.3  Menyusun naskah pidato sederhana dengan menggunakan huruf latin dan Aksara Bali (kerja keras)

8.2.1 Membaca teks Aksara Bali dengan tehnik membaca nyaring (gemar membaca)

8.2.2  Mengutif teks Aksara Bali ke huruf latin (kerja keras)

8.2.3 Menulis uger-uger pasang aksara Bali yang terdapat pada wacana (kreatif)


8.3.1 Membaca teks Aksara Latin (gemar membaca)

8.3.2  Menulis kembali teks latin yang dibaca dengan Aksara Bali (disiplin)

8.3.3  Menulis uger-uger pasang aksara Bali yang diyemukan dalam wacana (kreatif)

C1


C2

C3




C1



C1


C2




C1


C1


C2

1    Tes Essay

2    Pengamatan aktifitas belajar

3    Pengamatan akhlak mulia

4    Hasil karya


Tebak aksara Bali

Direct learning (DL)

1   Ceramah/informasi dan prosedur

2   Latihan terbimbing

3   Refleksi

4   Latihan mandiri

5   Evaluasi



Mengetahui,
Panji,
Kepala Sekolah
Guru Bidang Studi Bahasa Bali








I Gst. Bagus Ngurah Suradnyana, S.Pd.SD
NI WAYAN WARTI, S.Pd.
NIP. 19610306 198304 1 004
NIP. 195712311978032042


Tidak ada komentar:

Posting Komentar