Nama
Sekolah : SD No. 4 Panji
Mata
Pelajaran : Bahasa Bali
Kelas
/ Semester : VI / II
Standar
kompetensi : 5. Memahami ragam wacana
lisan, prosa, puisi Bali anyar, gendingan, dan drama pendek
Kompetensi Dasar
|
TR
KD
|
Materi Pokok
|
Indikator
|
TR
IPK
|
Penilaian
|
Strategi pembelajaran aktif yang
digunakan
|
Mendengarkan
5.1 Menyimpulkan isi berita yang didengar dari
televisi atau radio
5.2 Menceritakan
isi drama pendek yang disampaikan secara lisan
|
C2
C2
|
Berita "Pariwisata Bali
Ngamecikang"
Drama "wajib belajar 9
tahun"
|
5.1.1 Mencatat pokok-pokok berita yang didengar
dari televisi atau radio (disiplin)
5.1.2 Merangkum isi berita yang didengar dari
televsi atau radio (kerja keras)
5.1.3 Menjelaskan isi berita yang didengar
(komunikatif)
5.2.1 Menyimak dengan seksama drama pendek yang
didengar (rasa ingin tahu)
5.2.2 Mencatat pokok-pokok cerita drama pendek
yang didengar (disiplin)
5.2.3 Menjelaskan isi drama pendek yang di dengar
secara lisan (komunikatif)
|
C1
C2
C2
C1
C1
C1
|
1. Tes Essay
2. Pengamatan keterampilan berdiskusi
3. Pengamatan aktifitas belajar
4. Pengamatan akhlak mulia
|
Permainan pesan berantai
TGT
1. Pembentukan kelompok
2. Penyajian materi
3. Diskusi
4. Menyiapkan meja turnamen, siswa yang memiliki
kemampuan setara duduk pada meja yang sama
5. Melaksanakan turnamen
6. Perhitungan skor kelompok dan individu
|
ANALISIS STANDAR ISI : PEMETAAN SK-SD
Nama
Sekolah : SD No. 4 Panji
Mata
Pelajaran : Bahasa Bali
Kelas
/ Semester : VI / II
Standar
kompetensi : 6. Mengungkapkan
pikiran, perasaan informasi dengan berpidato bercerita dan baca puisi Bali
anyar
Kompetensi Dasar
|
TR
KD
|
Materi Pokok
|
Indikator
|
TR
IPK
|
Penilaian
|
Strategi pembelajaran aktif yang
digunakan
|
Berbicara
6.1 Berpidato untuk berbagai keperluan (acara,
perpisahan, perayaan ulang tahun sekolah, dll) dengan lafal, intonasi, dan
sikap tepat
6.2 Menceritakan pengalaman tentang liburan
6.3. Membaca Puisi Bali Anyar karya sendiri
dengan ekspresi yang tepat
|
C2
C2
C1
|
Pidato "nyanggra perpisahan.
Sekolah”
Pengalaman Pribadi liburan
Puisi Bali Anyar karya siswa
|
6.1.1 Memilih tema pidato yang akan dibawakan
(kreatif)
6.1.2 Melakukan latihan berpidato sesuai tema yang
dipilih dengan lafal, intonasi, dan sikap yang tepat (disiplin)
6.1.3 Menyampaikan pidato yang ditulis dengan
lafal , intonasi dan sikap yang tepat (komunikatif)
6.2.1 Menulis hal-hal penting tentang pengalaman
pribadi saat liburan (kreatif)
6.2.2 Melakukan latihan menceritakan penglaman
berdasarkan hal-hal penting dengan ekspresi yang sesuai (Kreatif)
6.2.3 Menyampaikan pengalaman di depan kelas
(komunikatif)
6.3.1 Menyebutkan unsur-unsur intrinsik yang
terdapat dalam puisi Bali anyar (rasa ingin tahu)
6.3.2 Menyebutkan cara/ tehnik membaca puisi
(kreatif)
6.3.3 Memilih tema puisi Bali Anyar (kreatif)
6.3.4 Menulis dengan kata-kata sendiri Puisi Bali
Anyar sesuai tema (kreatif)
6.3.5 Melakukan latihan membaca puisi yang ditulis
dengan ekspresi yang tepat (disiplin)
6.3.6 Membaca puisi yang ditulis dengan ekspresi
yang tepat di depan kelas (komunikatif)
|
C1
C2
C2
C1
C2
C2
C1
C1
C1
C1
C1
C1
|
1. Tes Essay
2. Pengamatan keterampilan berbicara
3. Pengamatan aktifitas belajar
4. Pengamatan akhlak mulia
|
Menanyakan kegiatan siswa pada hari
sebelumnya
Talking stick
1. Guru mempersiapkan tongkat
2. Menyajikan materi
3. Memberikan tongkat kepada siswa, siswa yang
membawa tongkat menjawab pertanyaan guru
4. Kesimpulan
|
ANALISIS STANDAR ISI : PEMETAAN SK-SD
Nama
Sekolah : SD No. 4 Panji
Mata
Pelajaran : Bahasa Bali
Kelas
/ Semester : VI / II
Standar
kompetensi : 7. Memahami teks yang bersifat sastra dan non
sastra, gendingan, puisi berhuruf latin dan beraksara Bali dengan membaca intensif
dan membaca lancar
Kompetensi Dasar
|
TR
KD
|
Materi Pokok
|
Indikator
|
TR
IPK
|
Penilaian
|
Strategi pembelajaran aktif yang
digunakan
|
Membaca
7.1 Menemukan makna tersirat suatu teks sastra
dan non sastra huruf latin dan aksara Bali melalui membaca intensif
7.2. Mengidentifikasi berbagai unsur (tokoh,
sifat, latar, tema, jalan cerita, dan amanat) dari teks drama anak
7.3 Membaca lancar Puisi Bali huruf latin dan
Aksara Bali dengan lafal dan intonasi yang sesuai
|
C3
C1
C1
|
Sang
Abhimaniu, sayang ring meme bapa
Drama
anak "I yuyu
malaksana
melah"
Puisi "Meme"
|
7.1.1 Menyebutkan
langkah-langkah/tehnik membaca intensif (rasa ingin tahu)
7.1.2 Membaca intensif suatu
teks sastra dan non sastra huruf latin dan aksara Bali (gemar membaca)
7.1.3 Menandai pokok-pokok
pikiran teks sastra dan non sastra huruf latin dan aksara bali (kerja keras)
7.1.4 Mengidentifikasi makna
tersirat suatu teks sastra dan non sastra huruf latin dan aksara Bali
(kreatif)
7.1.5 Menjelaskan makna yang
tersirat suatu teks sastra dan non sastra huruf latin dan aksara Bali
(komunikatif)
7.2.1 Menyebutkan pengertian tokoh, latar, tema
dan amanat (rasa ingin tahu)
7.2.2 Membaca intensif teks drama anak (gemar
membaca)
7.2.3 Mengidentifikasi tokoh, sifat, latar, tema,
jalan cerita, dan amanat dari teks drama anak (rasa ingin tahu)
7.2.4 Menyebutkan tokoh, sifat, latar, tema, jalan
cerita, dan amanat dari teks drama anak (tanggung jawab)
7.3.1 Menyebutkan langkah-langkah (tehnik) membaca
indah (rasa ingin tahu)
7.3.2 Melatih diri membaca indah puisi Bali huruf
latin dan beraksara Bali dengan lafal dan intonasi yang sesuai (kreatif)
7.3.3 Membaca lancar Puisi Bali huruf latin dan
aksara Bali dengan lafal dan intonasi yang sesuai (gemar membaca)
|
C1
A3
C1
C1
C2
C1
A3
C1
C1
C1
A2
C1
|
1. Tes Essay
2. Pengamatan keterampilan/ Teknik membaca
3. Pengamatan kepribadian siswa
4. Pengamatan akhlak mulia
|
main kata
Snowball throwing
1 Ceramah/informasi umum
2 Pembentukan kelompok
3 Diskusi kelompok
4. Membuat pertanyaan/tugas
untuk kelompok lain
5. Diskusi kelas
6. Kesimpulan
7. Refleksi
8. Evaluasi
|
ANALISIS STANDAR ISI : PEMETAAN SK-SD
Nama
Sekolah : SD No. 4 Panji
Mata
Pelajaran : Bahasa Bali
Kelas
/ Semester : VI / II
Standar
kompetensi : 8. Mengungkapkan pikiran, dan perasaan melalui
bahasa tulis berhuruf latin dan beraksara Bali, menyalin teks beraksara Bali ke
huruf latin dan dari huruf latin ke aksara Bali
Kompetensi Dasar
|
TR
KD
|
Materi Pokok
|
Indikator
|
TR
IPK
|
Penilaian
|
Strategi pembelajaran aktif yang
digunakan
|
Menulis
8.1 Menyusun naskah pidato / sambutan
menggunakan huruf latin dan aksara Bali
8.2 Menyalin teks beraksara bali ke huruf latin
8.3 Menyalin teks huruf latin keaksara Bali
|
C3
C2
C2
|
Pidato
Teks
Aksara Bali
Teks
|
8.1.1 Menyebutkan struktur
pidato (rasa ingin tahu)
8.1.2 Memilih tema pidato
(kreatif)
8.1.3 Menyusun naskah pidato
sederhana dengan menggunakan huruf latin dan Aksara Bali (kerja keras)
8.2.1 Membaca teks Aksara Bali
dengan tehnik membaca nyaring (gemar membaca)
8.2.2 Mengutif teks Aksara Bali
ke huruf latin (kerja keras)
8.2.3 Menulis uger-uger pasang
aksara Bali yang terdapat pada wacana (kreatif)
8.3.1 Membaca teks Aksara Latin
(gemar membaca)
8.3.2 Menulis kembali teks
latin yang dibaca dengan Aksara Bali (disiplin)
8.3.3 Menulis uger-uger pasang
aksara Bali yang diyemukan dalam wacana (kreatif)
|
C1
C2
C3
C1
C1
C2
C1
C1
C2
|
1 Tes Essay
2 Pengamatan aktifitas
belajar
3 Pengamatan akhlak mulia
4 Hasil karya
|
Tebak aksara Bali
Direct learning (DL)
1 Ceramah/informasi dan
prosedur
2 Latihan terbimbing
3 Refleksi
4 Latihan mandiri
5 Evaluasi
|
Mengetahui,
|
Panji,
|
Kepala Sekolah
|
Guru Bidang Studi Bahasa Bali
|
I Gst. Bagus Ngurah Suradnyana, S.Pd.SD
|
NI WAYAN WARTI, S.Pd.
|
NIP. 19610306 198304 1 004
|
NIP. 195712311978032042
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar