RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP
7)
File Aslinya:
File Aslinya:
1.
Nama Sekolah : SD NO 4 PANJI
2.
Bid. Studi : Bahasa Bali
3.
Kelas / Semester : VI/II
4.
Standar : 7. Memahami teks
yang bersifat sastra dan non sastra,
Kompetensi gendingan, puisi berhuruf latin dan
beraksara Bali dengan
membaca
intensif dan membaca lancar.
5.
Kompetensi Dasar : 7.2 Menyebutkan pengertian tokoh,
latar, tema dan amanat
rasa ingin tahu.
6.
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit.
7.
Indikator : 7.2.1 Menyebutkan
pengertian tokoh, latar, tema dan amanat
(rasa ingin tahu)
Pencapaian 7.2.2 Membaca intensif teks drama anak (gemar
membaca)
Kompetensi 7.2.3 Mengidentifikasi
tokoh, sifat, latar, tema, jalan cerita,
dan
amanat dari teks drama anak ( rasa ingin tahu )
7.2.4
Menyebutkan tokoh, sifat,
latar, tema, jalan cerita, dan
amanat dari teks drama
anak (tanggung jawab)
A. Tujuan
Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran melalui penerapan
strategi CTL diharapkan siswa meningkat prestasi belajarnya dan berkembang
nilai karakter rasa ingin tahu, tanggung jawab, dan gemar membaca, dengan
memiliki kemampuan :
1. Dapat
menyebutkan pengertian tokoh, latar, tema dan amanat (rasa ingin tahu)
2.
Dapat membaca intensif
drama anak (gemar membaca)
3.
Dapat mengidentifikasi
tokoh, sifat, latar, tema, jalan cerita, dan amanat dari teks drama anak (rasa
ingin tahu)
4.
Dapat menyebutkan tokoh, sifat,
latar, tema, jalan cerita, dan amanat dari teks drama anak (tanggung jawab)
B. Alat
dan Bahan (Resources) pembelajaran : Laptop, Multi media, LCD, Internet, Buku
siswa dan LKS, Perpustakaan
C. KKM
: 68
D. Materi
Pembelajaran
Ø Drama “Yuyu melaksana
melah” kusuma sari 6 hal 41
E. Strategi,
model, Metode Pembelajaran
-
Strategi : CTL
-
Model : Snowball throwing
-
Metode : Ceramah, diskusi
F.
Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran
1.
Kegiatan Awal
a. Pembiasaan
- Mengawali
proses pembelajaran dengan salam panganjali
- Berdoa
- Mengabsensi
/ mengecek kehadiran siswa
b. Apersepsi
Nyen ane taen main drama utawi mebalih
drama? Cobak satuang dramane ane taen pebalih!
c. Pemotivasian
d. Penyampaian
tujuan pembelajaran
e. Prasayarat
pengetahuan
Unsur intrinsik dan ekstrinsik karya
sastra
2.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
- Siswa
menggali informasi dari berbagai media
- Memfasilitasi
siswa dalam pembagian kelompok
Elaborasi
- Memfasilitasi
siswa dalam berdiskusi dengan kelompoknya dengan memberikan LKS
- Masing-masing
kelompok mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas dan membuat
tugas/pertanyaan kepada kelompok lain
- Kelompok
lain menanggapi hasil kelompok penyaji
- Memfasilitasi
adanya interaksi antara kelompok penyaji dengan kelompok yang menanggapi
Konfirmasi
- Guru
memberikan layanan bimbingan kepada siswa yang megalami kesulitan belajar
- Memberikan
penguatan kepada siswa
- Merefleksikan
kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung
3.
Kegiatan Akhir (penutup)
- Siswa
dan guru bersama-sama menyimpulkan materi
- Guru
mengevaluasi kegiatan pembelajaran
- Guru
memberikan tindak lanjut (mengumumkan nilai kelompok, nilai individu dan
peningkatan skor individu)
- Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
- Berdoa
- Menutup
pembelajaran dengan paramasanti
3.
Penilaian
No
|
Indikator
tes
|
Tehnik
|
Bentuk
instrumen
|
Instrumen
|
1
|
7.2.1 s/d 7.2.4
|
Tes
|
Essay
|
Terlampir
|
2
|
Pengamatan keterampilan / tehnik membaca
|
Non tes
|
Lembar observasi
|
Tunjukkanlah keterampilan berbicara
dengan baik!
|
3
|
Pengamatan aktifitas belajar
|
Non tes
|
Lembar observasi
|
Tunjukkanlah aktifitas belajar yang baik
pada saat pembelajaran!
|
4
|
Akhlak mulia
|
Non tes
|
Lembar observasi
|
Tunjukkanlah akhlak yang baik pada saat
berada di lingkungan sekolah!
|
1)
Tes
INDIKATOR
SOAL
|
SOAL
|
KUNCI
JAWABAN
|
7.2.1 Menyebutkan pengertian tokoh, latar, tema dan
amanat (rasa ingin tahu)
7.2.2 Membaca intensif teks drama anak (gemar
membaca)
7.2.3 Mengidentifikasi tokoh, sifat, latar, tema,
jalan cerita, dan amanat dari teks drama anak (rasa ingin tahu)
7.2.4 Menyebutkan tokoh, sifat, latar, tema, jalan
cerita, dan amanat dari teks drama anak (tanggung jawab)
|
1. Pabesen sane wenten
ring wacana wiadin karya sastra sane tiosan kawastanin …
2. Sira kemanten pragina sane wenten ring drama
punika?
3. Sira sane medaya
corah?
4. Sira sane maparilaksana
becik?
5. Ring dija dramane
punika kasatuang?
6. Napi pabesen dramane
punika?
|
1. Amanat
2. Pedanda, igoak, I
lelipi
3. I lelipi ajak I goak
4. Pedanda sareng I
Yuyu
5. Ditukade miwah di
telagane
6. Iraga patut inget
ring kapitresnan anak lian
|
Penskoran :
NILAI
|
DISKRIPSI JAWABAN
|
2
|
DIJAWAB BENAR DAN LENGKAP
|
1
|
DIJAWAB BENAR DAN TIDAK LENGKAP
|
0
|
DIJAWAB SALAH
|
NILAI
= Skor Perolehan * 100
SMI (Skor Maksimal Ideal)
2)
Non
tes (terlampir)
Penugasan
terstruktur (PT)
Kegiatan
Mandiri tidak Terstruktur (KMTT)
Mengetahui, Panji,
Kepala SD NO 4 PANJI Guru
Mata Pelajaran
I Gusti Bagus Ngurah Suradnyana, S.Pd.SD Ni Ketut Warti, S.Pd
NIP. 19610306 198304 1 004 NIP. 19571231 197803
2 042
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP
8)
1.
Nama Sekolah : SD NO 4 PANJI
2.
Bid. Studi : Bahasa Bali
3.
Kelas / Semester : VI/II
4.
Standar : 8. Memahami teks
yang bersifat sastra dan non sastra,
Kompetensi gendingan, puisi berhuruf latin dan
beraksara Bali dengan
membaca
intensif dan membaca lancar.
5.
Kompetensi Dasar : 7.3 Membaca lancar Puisi Bali
huruf latin dan Aksara Bali
Dengan lafal dan intonasi
yang sesuai.
6.
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit.
7.
Indikator : 7.3.1 Menyebutkan langkah-langkah
(tehnik) membaca indah
(rasa ingin tahu)
Pencapaian 7.3.2 Melatih diri membaca indah puisi Bali
huruf latin dan
beraksara Bali
dengan lafal dan intonasi yang sesuai
Kompetensi (kreatif)
7.3.3 Membaca
lancar Puisi Bali huruf latin dan aksara Bali
dengan lafal dan
intonasi yang sesuai (gemar membaca)
A. Tujuan
Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran melalui penerapan
strategi CTL diharapkan siswa meningkat prestasi belajarnya dan berkembang
nilai karakter rasa ingin tahu, tanggung jawab, dan gemar membaca, dengan
memiliki kemampuan :
1. Dapat
menyebutkan langkah-langkah (tehnik) membaca indah (rasa ingin tahu)
2.
Dapat melatih diri
membaca indah puisi Bali huruf latin dan beraksara Bali dengan lafal dan
intonasi yang sesuai (kreatif)
3.
Dapat membaca lancar
Puisi Bali huruf latin dan aksara Bali dengan lafal dan intonasi yang sesuai
(gemar membaca)
B. Alat
dan Bahan (Resources) pembelajaran : Laptop, Multi media, LCD, Internet, Buku
siswa dan LKS, Perpustakaan
C. KKM
: 68
D. Materi
Pembelajaran
Ø Tehnik membaca indah
Membaca
indah inggih punika ngwacen nganggen wirasa miwah wiraga (irama, mimic, kinesik
miwah volume suara) sane anut. Pamargi ritatkala membaca indah inggih punika;
1) Ngwacen
ring angen
2) Ngicen
patinget jeda
3) Ngicen
patinget reng utawi intonasi suara
4) Ngicen
patinget wirasa
5) Ngwacen
manut ring patinget sane sampun kakaryanin
Ø Puisi “Meme” kusumasari 6
hal 61
E. Strategi,
model, Metode Pembelajaran
-
Strategi : CTL
-
Model : Snowball throwing
-
Metode : Ceramah, diskusi
F.
Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran
1.
Kegiatan Awal
a. Pembiasaan
- Mengawali
proses pembelajaran dengan salam panganjali
- Berdoa
- Mengabsensi
/ mengecek kehadiran siswa
b. Apersepsi
Nyen ane taen maca puisi? Cobak baca
abedik!
c. Pemotivasian
d. Penyampaian
tujuan pembelajaran
e. Prasayarat
pengetahuan
Tehnik membaca indah!
2.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
- Siswa
menggali informasi dari berbagai media
- Memfasilitasi
siswa dalam pembagian kelompok
Elaborasi
- Memfasilitasi
siswa dalam berdiskusi dengan kelompoknya dengan memberikan LKS
- Masing-masing
kelompok mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas dan membuat tugas/pertanyaan
kepada kelompok lain
- Kelompok
lain menanggapi hasil kelompok penyaji
- Memfasilitasi
adanya interaksi antara kelompok penyaji dengan kelompok yang menanggapi
Konfirmasi
- Guru
memberikan layanan bimbingan kepada siswa yang megalami kesulitan belajar
- Memberikan
penguatan kepada siswa
- Merefleksikan
kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung
3.
Kegiatan Akhir (penutup)
- Siswa
dan guru bersama-sama menyimpulkan materi
- Guru
mengevaluasi kegiatan pembelajaran
- Guru
memberikan tindak lanjut (mengumumkan nilai kelompok, nilai individu dan
peningkatan skor individu)
- Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
- Berdoa
- Menutup
pembelajaran dengan paramasanti
3.
Penilaian
No
|
Indikator
tes
|
Tehnik
|
Bentuk
instrumen
|
Instrumen
|
1
|
7.2.1 s/d 7.2.4
|
Tes
|
Essay
|
Terlampir
|
2
|
Pengamatan keterampilan / tehnik membaca
|
Non tes
|
Lembar observasi
|
Tunjukkanlah keterampilan berbicara
dengan baik!
|
3
|
Pengamatan aktifitas belajar
|
Non tes
|
Lembar observasi
|
Tunjukkanlah aktifitas belajar yang baik
pada saat pembelajaran!
|
4
|
Akhlak mulia
|
Non tes
|
Lembar observasi
|
Tunjukkanlah akhlak yang baik pada saat
berada di lingkungan sekolah!
|
1)
Tes
INDIKATOR
SOAL
|
SOAL
|
KUNCI
JAWABAN
|
7.2.1 Menyebutkan langkah-langkah (tehnik) membaca
indah (rasa ingin tahu)
|
1. Sambatang sapunapi
tehnik membaca indah?
|
1. Pamargi ritatkala
membaca indah inggih punika :
1) ngwacen ring angen
2) ngicen patinget jeda
3) ngicen patinget reng
utawi intonasi suara
4) ngicen patinget
wirasa
5) ngwacen manut ring
patinget sane sampun kakaryanin
|
Penskoran :
NILAI
|
DISKRIPSI JAWABAN
|
2
|
DIJAWAB BENAR DAN LENGKAP
|
1
|
DIJAWAB BENAR DAN TIDAK LENGKAP
|
0
|
DIJAWAB SALAH
|
NILAI
= Skor Perolehan *
100
SMI (Skor Maksimal Ideal)
2)
Non
tes (terlampir)
Penugasan
terstruktur (PT)
Menjawab
soal yang diberikan guru
Kegiatan
Mandiri tidak Terstruktur (KMTT)
Berlatih
membaca puisi
Mengetahui, Panji,
Kepala SD NO 4 PANJI Guru
Mata Pelajaran
I Gusti Bagus Ngurah Suradnyana, S.Pd.SD Ni Ketut Warti, S.Pd
NIP. 19610306 198304 1 004 NIP. 19571231 197803
2 042
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP
9)
1.
Nama Sekolah : SD NO 4 PANJI
2.
Bid. Studi : Bahasa Bali
3.
Kelas / Semester : VI/II
4.
Standar : 8. Mengungkapkan
pikiran, dan perasaan melalui bahasa
Kompetensi tulis berhuruf latin dan beraksara Bali,
menyalin teks
beraksara
Bali ke huruf latin dan dari huruf latin ke aksara Bali
5.
Kompetensi Dasar : 8.1 Menyusun naskah pidato /
sambutan menggunakan huruf
latin dan Aksara Bali
6.
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit.
7.
Indikator : 8.1.1 Menyebutkan struktur
pidato (rasa ingin tahu)
Pencapaian 8.1.2 Memilih tema pidato (kreatif)
Kompetensi 7.3.3 Menyusun
naskah pidato sederhana dengan
menggunakan huruf latin dan Aksara Bali (kerja
keras)
A. Tujuan
Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran melalui penerapan
strategi CTL diharapkan siswa meningkat prestasi belajarnya dan berkembang
nilai karakter, kerja keras, rasa ingin tahu, dan kreatif, dengan memiliki
kemampuan :
1. Dapat
menyebutkan struktur pidato (rasa ingin tahu)
2.
Dapat memilih tema pidato
(kreatif)
3.
Dapat menyusun naskah
pidato sederhana dengan menggunakan huruf latin dan Aksara Bali (kerja keras)
B. Alat
dan Bahan (Resources) pembelajaran : Laptop, Multi media, LCD, Internet, Buku
siswa dan LKS, Perpustakaan
C. KKM
: 68
D. Materi
Pembelajaran
Ø Pidato perpisahan
Kusumasari 6 hal 80
Ø Struktur pidato
1) Pamahbah,
madaging salam pembuka, ucapan syukur lan ucapan terimakasih.
2) Daging,
sane katalatarang wantah unteng sane jagi anggen bebaosan.
3) Pamuput,
madaging nunas gengrena sinampura lan salam penutup.
E. Strategi,
model, Metode Pembelajaran
-
Strategi : CTL
-
Model : Snowball throwing
-
Metode : Ceramah, diskusi
F.
Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran
1.
Kegiatan Awal
a. Pembiasaan
- Mengawali
proses pembelajaran dengan salam panganjali
- Berdoa
- Mengabsensi
/ mengecek kehadiran siswa
b. Apersepsi
Tegarang nyen ane taen nyingkin ibu guru
ngicen sambutan?
c. Pemotivasian
d. Penyampaian
tujuan pembelajaran
e. Prasayarat
pengetahuan
Struktur pidarta
2.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
- Siswa
menggali informasi dari berbagai media
Elaborasi
- Siswa
dibimbing dalam membuat aksara bali
- Dilakukan
refleksi terhadap permasalahan yang ditemui pada saat pembelajaran
- Melakukan
pembelajaran secara mandiri
Konfirmasi
- Guru
memberikan layanan bimbingan kepada siswa yang megalami kesulitan belajar
- Memberikan
penguatan kepada siswa
- Merefleksikan
kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung
3.
Kegiatan Akhir (penutup)
- Siswa
dan guru bersama-sama menyimpulkan materi
- Guru
mengevaluasi kegiatan pembelajaran
- Guru
memberikan tindak lanjut
- Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
- Berdoa
- Menutup
pembelajaran dengan paramasanti
G. Penilaian
No
|
Indikator
tes
|
Tehnik
|
Bentuk
instrumen
|
Instrumen
|
1
|
8.1.1 s/d 8.1.3
|
Tes
|
Essay
|
Terlampir
|
2
|
Pengamatan aktifitas belajar
|
Non tes
|
Lembar observasi
|
Tunjukkanlah aktifitas belajar yang baik
pada saat pembelajaran!
|
3
|
Akhlak mulia
|
Non tes
|
Lembar observasi
|
Tunjukkanlah akhlak yang baik pada saat
berada di lingkungan sekolah!
|
4
|
Hasil karya
|
Non tes
|
Lembar observasi
|
Tunjukkanlah hasil karya yang sudah kamu
buat selama proses pembelajaran
|
1)
Tes
INDIKATOR
SOAL
|
SOAL
|
KUNCI
JAWABAN
|
1 Menyebutkan
atruktur pidato (rasa ingin tahu)
|
1.
Sambatang pahpahan pidarta!
2.
Matur suksma antuk galah sane kapaica
ring sikian titian Lengkara punika kanggen ring …
3.
Wantah asapunika titian prasida
matur-atur maka kirang langkung, titian nunas gengrena sinampura. Lengkara
punika kanggen ring …
|
1. Pamahbah,
daging, pamuput
2. Pamahbah
3. Pamuput
|
Penskoran :
NILAI
|
DISKRIPSI JAWABAN
|
2
|
DIJAWAB BENAR DAN LENGKAP
|
1
|
DIJAWAB BENAR DAN TIDAK LENGKAP
|
0
|
DIJAWAB SALAH
|
NILAI
= Skor Perolehan *
100
SMI (Skor Maksimal Ideal)
2)
Non
tes (terlampir)
Penugasan
terstruktur (PT)
Kegiatan
Mandiri tidak Terstruktur (KMTT)
Mengetahui, Panji,
Kepala SD NO 4 PANJI Guru
Mata Pelajaran
I Gusti Bagus Ngurah Suradnyana, S.Pd.SD Ni Ketut Warti, S.Pd
NIP. 19610306 198304 1 004 NIP. 19571231 197803
2 042
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP
10)
1.
Nama Sekolah : SD NO 4 PANJI
2.
Bid. Studi : Bahasa Bali
3.
Kelas / Semester : VI/II
4.
Standar : 8. Mengungkapkan pikiran,
dan perasaan melalui bahasa
Kompetensi tulis berhuruf latin dan beraksara Bali,
menyalin teks
beraksara
Bali ke huruf latin dan dari huruf latin ke aksara Bali
5.
Kompetensi Dasar : 8.2 Menyalin teks beraksara Bali
ke huruf latin
6.
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit.
7.
Indikator : 8.2.1 Membaca teks
Aksara Bali dengan tehnik membaca
nyaring (gemar membaca)
Pencapaian 8.2.2 Mengutif teks Aksara Bali ke huruf
latin (kerja keras)
Kompetensi 8.2.3 Menulis
uger-uger pasang aksara Bali yang terdapat
pada wacana (kreatif)
A. Tujuan
Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran melalui penerapan
strategi CTL diharapkan siswa meningkat prestasi belajarnya dan berkembang
nilai karakter, gemar membaca, kerja keras dan kreatif dengan memiliki
kemampuan :
1. Dapat
membaca teks Aksara Bali dengan tehnik membaca nyaring (gemar membaca)
2.
Dapat mengutif teks
Aksara Bali kehuruf latin (kerja keras)
3.
Dapat menulis uger-uger
pasang aksara Bali yang terdapat pada wacana (kreatif)
A. Alat
dan Bahan (Resources) pembelajaran : Laptop, Multi media, LCD, Internet, Buku
siswa dan LKS, Perpustakaan
B. KKM
: 68
C. Materi
Pembelajaran
Ø Tehnik membaca nyaring
Membaca nyaring inggih punika nyuarayang
lengkara sane kawacen nganggen suara miwah tetandesan sane patut mangda sang
sane mirengang prasida nampenin pabesen sane kapetitis olih sang pangawi.
Kawagedan membaca nyaring kacihnayang
antuk :
a. Nganggen
suara sane manut
b. Nganggen
tetandesan sane patut
c. Nguratiang
tanda baca
d. Nganggen
suara sane jelas
e. Ngwacen
nganggen wirasa’
f. Ngresep
ring daging wacana sane kawacen
Ø Wacana “Nglanturang
sekolahan” Kusumasari 6 hal 74
D. Strategi,
model, Metode Pembelajaran
-
Strategi : CTL
-
Model : Direct Learning
-
Metode : Ceramah, penugasan
E. Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
1.
Kegiatan Awal
a. Pembiasaan
- Mengawali
proses pembelajaran dengan salam panganjali
- Berdoa
- Mengabsensi
/ mengecek kehadiran siswa
b. Apersepsi
Tebak aksara Bali
c. Pemotivasian
d. Penyampaian
tujuan pembelajaran
e. Prasayarat
pengetahuan
Aksara Bali
2.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
- Siswa
menggali informasi dari berbagai media
Elaborasi
- Siswa
dibimbing dalam meringkas teks yang didengar dengan menggunakan aksara Bali dan
Huruf latin
- Dilakukan
refleksi terhadap permasalahan yang ditemui pada saat pembelajaran
- Melakukan
pembelajaran secara mandiri
Konfirmasi
- Guru
memberikan layanan bimbingan kepada siswa yang megalami kesulitan belajar
- Memberikan
penguatan kepada siswa
- Merefleksikan
kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung
3.
Kegiatan Akhir (penutup)
- Siswa
dan guru bersama-sama menyimpulkan materi
- Guru
mengevaluasi kegiatan pembelajaran
- Guru
memberikan tindak lanjut
- Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
- Berdoa
- Menutup
pembelajaran dengan paramasanti
H. Penilaian
No
|
Indikator
tes
|
Tehnik
|
Bentuk
instrumen
|
Instrumen
|
1
|
8.2.1 s/d 8.2.3
|
Tes
|
Essay
|
Terlampir
|
2
|
Pengamatan aktifitas belajar
|
Non tes
|
Lembar observasi
|
Tunjukkanlah aktifitas belajar yang baik
pada saat pembelajaran!
|
3
|
Akhlak mulia
|
Non tes
|
Lembar observasi
|
Tunjukkanlah akhlak yang baik pada saat
berada di lingkungan sekolah!
|
4
|
Hasil karya
|
Non tes
|
Lembar observasi
|
Tunjukkanlah hasil karya yang sudah kamu
buat selama proses pembelajaran
|
3)
Tes
INDIKATOR
SOAL
|
SOAL
|
KUNCI
JAWABAN
|
8.2.1 Membaca
teks Aksara Bali dengan tehnik membaca nyaring (gemar membaca)
8.2.2 Mengutif teks Aksara Bali ke huruf latin
(kerja keras)
8.2.3 Menulis uger-uger pasang aksara Bali yang
terdapat pada wacana (kreatif)
|
1.
Nglanturang sekolah. Kawacen …
2.
3.
|
1. Nglanturang
sekolah
2. Pamrentahe
nyaratang pisan kapradnyanan rakyatnyane
3. Ungkur
kruna
4. Bisah
5. Ring
ungkur kruna
|
Penskoran :
NILAI
|
DISKRIPSI JAWABAN
|
2
|
DIJAWAB BENAR DAN LENGKAP
|
1
|
DIJAWAB BENAR DAN TIDAK LENGKAP
|
0
|
DIJAWAB SALAH
|
NILAI
= Skor Perolehan *
100
SMI (Skor Maksimal Ideal)
3)
Non
tes (terlampir)
Penugasan
terstruktur (PT)
Menjawab soal yang diberikan guru
Kegiatan
Mandiri tidak Terstruktur (KMTT)
Menyalin huruf latin ke aksara Bali
Mengetahui, Panji,
Kepala SD NO 4 PANJI Guru
Mata Pelajaran
I Gusti Bagus Ngurah Suradnyana, S.Pd.SD Ni Ketut Warti, S.Pd
NIP. 19610306 198304 1 004 NIP. 19571231 197803
2 042
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP
11)
1.
Nama Sekolah : SD NO 4 PANJI
2.
Bid. Studi : Bahasa Bali
3.
Kelas / Semester : VI/II
4.
Standar : 8. Mengungkapkan
pikiran, dan perasaan melalui bahasa
Kompetensi tulis berhuruf latin dan beraksara Bali,
menyalin teks
beraksara
Bali ke huruf latin dan dari huruf latin ke aksara Bali
5.
Kompetensi Dasar : 8.3 Menyalin teks huruf latin ke
aksara Bali
6.
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit.
7.
Indikator : 8.3.1 Membaca teks
Aksara latin (gemar membaca)
Pencapaian 8.3.2 Menulis kembali teks latin yang dibaca
dengan Aksara
Bali
(disiplin)
Kompetensi 8.3.3 Menulis
uger-uger pasang aksara Bali yang ditemukan
dalam wacana (kreatif)
A. Tujuan
Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran melalui penerapan
strategi CTL diharapkan siswa meningkat prestasi belajarnya dan berkembang
nilai karakter, disiplin, gemar membaca dan kreatif dengan memiliki kemampuan :
1. Dapat
membaca teks Aksara Latin (gemar membaca)
2.
Dapat menulis kembali
teks latin yang dibaca dengan Aksara Bali (disiplin)
3.
Dapat menulis uger-uger
pasang aksara Bali yang ditemukan dalam wacana (kreatif)
B. Alat
dan Bahan (Resources) pembelajaran : Laptop, Multi media, LCD, Internet, Buku
siswa dan LKS, Perpustakaan
C. KKM
: 68
D. Materi
Pembelajaran
Ø Wacana “ danu batur “
Kusumasari 6 hal 52
E. Strategi,
model, Metode Pembelajaran
-
Strategi : CTL
-
Model : Direct Learning
-
Metode : Ceramah, penugasan
F.
Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran
1.
Kegiatan Awal
a. Pembiasaan
- Mengawali
proses pembelajaran dengan salam panganjali
- Berdoa
- Mengabsensi
/ mengecek kehadiran siswa
b. Apersepsi
Tebak aksara Bali
c. Pemotivasian
d. Penyampaian
tujuan pembelajaran
e. Prasayarat
pengetahuan
Menulis
menggunakan huruf latin dan aksara Bali
4.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
- Siswa
menggali informasi dari berbagai media
Elaborasi
- Siswa
dibimbing dalam menulis kembali naskah beraksara Bali dengan menggunakan huruf
latin
- Dilakukan
refleksi terhadap permasalahan yang ditemui pada saat pembelajaran
- Melakukan
pembelajaran secara mandiri
Konfirmasi
- Guru
memberikan layanan bimbingan kepada siswa yang megalami kesulitan belajar
- Memberikan
penguatan kepada siswa
- Merefleksikan
kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung
5.
Kegiatan Akhir (penutup)
- Siswa
dan guru bersama-sama menyimpulkan materi
- Guru
mengevaluasi kegiatan pembelajaran
- Guru
memberikan tindak lanjut
- Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
- Berdoa
- Menutup
pembelajaran dengan paramasanti
G. Penilaian
No
|
Indikator
tes
|
Tehnik
|
Bentuk
instrumen
|
Instrumen
|
1
|
8.3.1 s/d 8.3.3
|
Tes
|
Essay
|
Terlampir
|
2
|
Pengamatan aktifitas belajar
|
Non tes
|
Lembar observasi
|
Tunjukkanlah aktifitas belajar yang baik
pada saat pembelajaran!
|
3
|
Akhlak mulia
|
Non tes
|
Lembar observasi
|
Tunjukkanlah akhlak yang baik pada saat
berada di lingkungan sekolah!
|
4
|
Hasil karya
|
Non tes
|
Lembar observasi
|
Tunjukkanlah hasil karya yang sudah kamu
buat selama proses pembelajaran
|
1)
Tes
INDIKATOR
SOAL
|
SOAL
|
KUNCI
JAWABAN
|
8.3.1 Membaca teks Aksara latin (gemar membaca)
8.3.2
Menulis kembali teks latin yang dibaca dengan Aksara Bali (disiplin)
8.3.3
Menulis uger-uger pasang aksara Bali yang ditemukan dalam wacana (kreatif)
|
1. Tiang majujuk disisin danune. Yening
kasalin antuk aksara bali inggih punika …
2. Uli genah tiange majujuk katon gunung
bature tegeh ngalik. Yening kasalin antuk aksara bali inggih punika …
3. Tulis 2 kruna sane nganggen surang!
4. Sambatang uger-uger nganggen surang!
|
1. S
2. S
3. S
4. Surang
kanggen yening aksara ra nengen
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar