PENENTUAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
PER SK, KD DAN INDIKATOR
1.
Nama
Sekolah : SD No 4
Panji
2.
Mata
Pelajaran : Bahasa Bali
NO
|
STANDAR
KOMPETENSI/KOMPETENSI
DASAR/INDIKATOR
|
KRITERIA
PENCAPAIAN KETUNTASAN BELAJAR SISWA
|
KRITERIA
KETUNTASAN MINIMUM
|
|||||
KOMPLEKSITAS
|
DAYA
DUKUNG
|
INTAKE
|
IND
|
KD
|
SK
|
|||
1
|
1. Memahami
ragam wacana lisan, prosa, puisi Bali anyar, gendingan dan, cerita
|
71.11
|
||||||
1.1
|
Menulis hal-hal
penting/pokok dari suatu wacana yang dibacakan
|
77.88
|
||||||
1.1.1
Mendengarkan wacana
(rasa ingin tahu)
|
3
|
2
|
3
|
77.88
|
||||
1.1.2
Menulis hal-hal penting
yang ada pada suatu wacana yang dibacakan (mandiri)
|
3
|
2
|
3
|
77.88
|
||||
1.1.3
Menjelaskan isi wacana
(komunikasi)
|
3
|
2
|
3
|
77.88
|
||||
1.2
|
Mengidentifikasi tokoh,
watak, latar, tema atau makna dari cerita (satua) yang dibacakan
|
77.88
|
||||||
1.2.1
Menyebutkan unsur-unsur
intrinsik dan ekstrinsik dalam sebuah cerita (rasa ingin tahu)
|
3
|
2
|
3
|
77.88
|
||||
1.2.2
Menyebutkan tokoh,
watak, latar, tema, yang ada pada wacana/cerita (tanggung jawab)
|
3
|
2
|
3
|
77.88
|
||||
1.2.3
Menyebutkan pesan ada
pada wacana/cerita (jujur)
|
3
|
2
|
3
|
77.88
|
||||
1.3
|
Menuliskan
pesan yang disampaikan melalui prosa, puisi dan gending Bali yang
diperdengarkan
|
66.67
|
||||||
1.3.1
Menyebutkan pengertian
prosa, puisi dang ending Bali (rasa ingin tahu)
|
2
|
2
|
2
|
66.67
|
||||
1.3.2
Menulis pokok cerita
yang ada pada prosa, puisi, dan gending Bali yang didengarkan (mandiri)
|
2
|
2
|
2
|
66.67
|
||||
1.3.3
Mencatat pesan yang
disampaikan melalui prosa, puisi dan gending Bali (kreatif)
|
2
|
2
|
2
|
66.67
|
||||
1.3.4
Menyebutkan pesan yang
disampaikan melalui prosa, puisi dan gending Bali (komunikatif)
|
2
|
2
|
2
|
66.67
|
||||
2
|
2. Mengungkapkan
pikiran, pendapat, perasaan secara lisan, bercakap-cakap tentang berbagai
topik, menceritakan kemBali apa yang
|
66.67
|
||||||
2.1
|
Menceritakan secara
lisan pengalama melakukan suatu kegiatan
|
66.77
|
||||||
2.1.1
Menentukan topik cerita
pengalaman yang akan dibawakan
|
2
|
2
|
2
|
66.67
|
||||
2.1.2
Menulis pokok-pokok
cerita pengalaman dalam melakukan suatu kegiatan (kreatif)
|
2
|
2
|
2
|
66.67
|
||||
2.1.3
Menjelaskan secara
lisan cerita pengalaman dalam melakukan suatu kegiatan (kreatif)
|
2
|
2
|
2
|
66.67
|
||||
2.2
|
Menanggapi
(mengkritik/memuji) sesuatu hal disertai alasan dengan menggunakan bahasa
yang santun
|
66.67
|
||||||
2.2.1
Menentukan topik yang
akan ditanggapi (kreatif)
|
2
|
2
|
2
|
66.67
|
||||
2.2.2
Menyatakan kritikkan
yang disertai alasan dengan menggunakan bahasa yang sopan (komunikatif)
|
2
|
2
|
2
|
66.67
|
||||
2.2.3
Menyatakan pujian yang
disertai alasan dengan menggunakan bahasa yang sopan (komunikatif)
|
2
|
2
|
2
|
66.67
|
||||
2.3
|
Memerankan drama anak
yang singkat
|
66.67
|
||||||
2.3.1
Menentukan topik yang
akan di perankan (kreatif)
|
2
|
2
|
2
|
66.67
|
||||
2.3.2
Melakukan latihan drama
singkat (disiplin)
|
2
|
2
|
2
|
66.67
|
||||
2.3.3
Mendemonstrasikan drama
anak yang singkat (komunikatif)
|
2
|
2
|
2
|
66.67
|
||||
3
|
3. Memahami
teks yang bersifat sastra dan non sastra, cerita rakyat dengan membaca
intensif dan membaca sekilas
|
66.67
|
||||||
3.1
|
Membaca naskah pidato
dengan lafal dan intonasi yang sesuai
|
66.67
|
||||||
3.1.1
Menentukan tema pidato
yang akan dibacakan (kratif)
|
2
|
2
|
2
|
66.67
|
||||
3.1.2
Melakukan latihan
membaca naskah pidato dengan lafal dan intonasi yang benar (kerja keras)
|
2
|
2
|
2
|
66.67
|
||||
3.1.3
Membaca naskah pidato
dengan lafal dan intonasi yang benar (gemar membaca)
|
2
|
2
|
2
|
66.67
|
||||
3.2
|
Menceritakan dengan
kata-kata dan kalimat sendiri tentang cerita rakyat yang dibaca
|
66.67
|
||||||
3.2.1
Membaca intensif cerita
rakyat calon arang (gemar membaca)
|
2
|
2
|
2
|
66.67
|
||||
3.2.2
Menulis secara singkat
pokok-pokok isi cerita (tanggung jawab)
|
2
|
2
|
2
|
66.67
|
||||
3.2.3
Mendemonstrasikan
cerita maya dan awa dengan kata-kata sendiri (komunikatif)
|
2
|
2
|
2
|
66.67
|
||||
4.
|
Mengungkapkan pikiran
dan perasaan melalui bahasa tulis berhuruf latin dan aksara Bali
|
66.67
|
||||||
4.1
|
Menulis pidato
menggunakan huruf latin dan aksara Bali
|
66.67
|
||||||
4.1.1
Menyebutkan struktur
pidato (rasa ingin tahu)
|
2
|
2
|
2
|
66.67
|
||||
4.1.2
Menulis pidato tentang
perpisahan dengan huruf latin (tanggung jawab)
|
2
|
2
|
2
|
66.67
|
||||
4.1.3
Menulis pidato tentang
perpisahan dengan aksara Bali (kreatif)
|
2
|
2
|
2
|
66.67
|
||||
4.2
|
Membuat ringkasan dari
teks yang dibaca atau yang didengar menggunakan huruf latin dan aksara Bali
|
66.67
|
||||||
4.2.1
Membaca intensif suatu
teks (disiplin)
|
2
|
2
|
2
|
66.67
|
||||
4.2.2
Menulis ringkasan dari
teks yang di baca dengan huruf latin (tanggung jawab)
|
2
|
2
|
2
|
66.67
|
||||
4.2.3
Menulis ringkasan dari
teks yang di baca dengan huruf aksara Bali (tanggung jawab)
|
2
|
2
|
2
|
66.67
|
||||
4.3
|
Menyalin teks, wacana
yang menggunakan bahasa Bali
|
66.67
|
||||||
4.3.1
Melakukan latihan
membaca wacana yang menggunakan aksara Bali (gemar membaca)
|
2
|
2
|
3
|
77.78
|
||||
4.3.2
Menulis kemBali wacana
beraksara Bali menggunakan huruf latin (tanggung jawab)
|
2
|
2
|
2
|
66.67
|
||||
4.3.3
Menulis uger-uger
pasang aksara Bali yang ditemukan dalam wacana (kreatif)
|
2
|
2
|
2
|
66.67
|
||||
5
|
5. Memahami
ragam wacana lisan, prosa puisi Bali anyar, gendingan dan drama pendek
|
67.26
|
||||||
5.1
|
Menyimpulkan isi berita yang di dengar dari televisi
dan radio
|
66.67
|
||||||
5.1.1
Mecatat pokok-pokok
berita yang didengar dari televisi atau radio (disiplin)
|
2
|
2
|
2
|
66.67
|
||||
5.1.2
Merangkum isi berita
yang didengar dari televisi atau radio (kerja keras)
|
2
|
2
|
2
|
66.67
|
||||
5.1.3
Menjelaskan isi berita
yang didengar (komunikatif)
|
2
|
2
|
2
|
66.67
|
||||
5.2
|
Menceritakan isi drama
pendek yang disampaikan secara lisan
|
66.67
|
||||||
5.2.1
Menyimak dengan seksama
drama pendek yang didengar (rasa ingin tahu)
|
2
|
2
|
2
|
66.67
|
||||
5.2.2
Mencatat pokok-pokok
cerita drama pendek yang didengar (disiplin)
|
2
|
2
|
2
|
66.67
|
||||
5.2.3
Menjelaskan isi drama
pendek yang didengar secara lisan (komunikatif)
|
2
|
2
|
2
|
66.67
|
||||
6 Mengungkapkan
pikiran, perasaan informasi dengan berpidato bercerita, dan baca puisi Bali
anyar
|
||||||||
6.1
|
Berpidato untuk
berbagai keperluan (acara perpisahan, perayaan ulang tahun sekolah, dll)
dengan lafal, intonasi, dan sikap yang tepat
|
66.67
|
||||||
6.1.1
Memilih tema pidato
yang akan dibawakan (kreatif)
|
2
|
2
|
2
|
66.67
|
||||
6.1.2
Melakukan latihan
berpidato sesuai tema yang dipilih dengan lafal, intonasi, dan sikap yang
tepat (disiplin)
|
2
|
2
|
2
|
66.67
|
||||
6.1.3 Menyampaikan
pidato yang ditulis dengan lafal, intonasi, dan sikap yang tepat
(komunikatif)
|
2
|
2
|
2
|
66.67
|
||||
6.2
|
Menceritakan pengalaman
tentang liburan
|
66.67
|
||||||
6.2.1 Menulis
hal-hal penting tentang pengalaman pribadi saat liburan (kreatif)
|
2
|
2
|
2
|
66.67
|
||||
6.2.2 Melakukan
latihan menceritakan pengalaman berdasarkan hal-hal penting
|
2
|
2
|
2
|
66.67
|
||||
6.2.3 Menyampaikan
pengalaman di depan kelas (komunikatif)
|
2
|
2
|
2
|
66.67
|
||||
6.3
|
Membaca Puisi Bali
Anyar karya sendiri dengan ekspresi yang tepat
|
66.67
|
||||||
6.3.1 Menyebutkan
unsur-unsur intrinsik yang terdapat dalam Puisi Bali Anyar (rasa ingin tahu)
|
2
|
2
|
2
|
66.67
|
||||
6.3.2 Menyebutkan
cara/ tehnik membaca puisi (kreatif)
|
2
|
2
|
2
|
66.67
|
||||
6.3.3 Memilih
tema puisi Bali Anyar (kreatif)
|
2
|
2
|
2
|
66.67
|
||||
6.3.4 Menulis
dengan kata-kata sendiri Puisi Bali Anyar sesuai tema (kreatif)
|
2
|
2
|
2
|
66.67
|
||||
6.3.5 Melakukan
latihan membaca puisi yang ditulis dengan ekspresi yang tepat (disiplin)
|
2
|
2
|
2
|
66.67
|
||||
6.3.6 Membaca
puisi yang ditulis dengan ekspresi yang tepat di depan kelas (komunikatif)
|
2
|
2
|
2
|
66.67
|
||||
7. Memahami
teks yang bersifat sastra dan non sastra huruf latin dan Aksara Bali melalui
membaca intensif dan membaca lancar
|
66.67
|
|||||||
7.1
|
Menemukan makna
tersirat suatu teks sastra dan non sastra huruf latin dan aksara Bali melalui
membaca intensif
|
2
|
2
|
2
|
66.67
|
|||
7.1.1 Menyebutkan
langkah-langka/tehnik membaca intensif (rasa ingin tahu)
|
2
|
2
|
2
|
66.67
|
||||
7.1.2 Membaca
intensif suatu teks sastra dan non sastra huruf latin dan aksara Bali (gemar
membaca)
|
2
|
2
|
2
|
66.67
|
||||
7.1.3 Menandai
pokok-pokok pikiran teks sastra dan non sastra huruf latin dan aksara Bali
(kerja keras)
|
2
|
2
|
2
|
66.67
|
||||
7.1.4 Mengidentifikasi
makna yang tersirat suatu teks sastra dan non sastra huruf latin dan aksara Bali
(kreatif)
|
2
|
2
|
2
|
66.67
|
||||
7.1.5 Menjelaskan
makna yang tersirat suatu teks sastra dan non sastra huruf latin dan aksara Bali
(komunikatif)
|
2
|
2
|
2
|
66.67
|
||||
7.2
|
Mengidentifikasi
berbagai unsur (tokoh sifat, latar, tema dan amanat)
|
69.64
|
||||||
7.2.1 Menyebutkan
pengertian tokoh sifat, latar, tema dan amanat (rasa ingin tahu)
|
2
|
2
|
2
|
66.67
|
||||
7.2.2 Membaca
intensif teks drama anak (gemar membaca)
|
2
|
2
|
2
|
66.67
|
||||
7.2.3 Mengidentifikasi
tokoh sifat, latar, tema, jalan cerita dan amanat dari teks drama anak (rasa
ingin tahu)
|
2
|
2
|
2
|
66.67
|
||||
7.2.4 Menyebutkan
tokoh sifat, latar, tema, jalan cerita dan amanat dari teks drama anak
(tanggung jawab)
|
3
|
2
|
2
|
77.78
|
||||
7.3
|
Membaca lancar Puisi Bali
huruf latin dan Aksara Bali dengan lafal dan intonasi yang sesuai
|
66.67
|
||||||
7.3.1 Menyebutkan
langkah-langkah (tehnik) membaca indah (rasa ingin tahu)
|
2
|
2
|
2
|
66.67
|
||||
7.3.2 Melatih
diri membaca indah puisi Bali huruf latin dan beraksara Bali dengan lafal dan
intonasi yang sesuai (kreatif)
|
2
|
2
|
2
|
66.67
|
||||
7.3.3 Membaca
lancar puisi Bali huruf latin dan beraksara Bali dengan lafal dan intonasi
yang sesuai (gemar membaca)
|
2
|
2
|
2
|
66.67
|
||||
8. Mengungkapkan
pikiran, dan perasaan melalui bahasa tulis berhuruf latin dan beraksara Bali,
menyalin teks beraksara Bali ke huruf latin dari huruf latin ke aksara Bali
|
66.67
|
|||||||
8.1
|
Menyusun naskah pidato/
sambutan menggunakan huruf latin dan aksara Bali
|
2
|
2
|
2
|
66.67
|
|||
8.1.1 Menyebutkan
struktur pidato (rasa ingin tahu)
|
2
|
2
|
2
|
66.67
|
||||
8.1.2 Memilih
tema pidato (kreatif)
|
2
|
2
|
2
|
66.67
|
||||
8.1.3 Menyusun
naskah pidato sederhana dengan menggunakan huruf latin dan aksara Bali (kerja
keras)
|
2
|
2
|
2
|
66.67
|
||||
8.2
|
Menyalin teks aksara Bali
ke huruf latin
|
66.67
|
||||||
8.2.1 Membaca
teks aksara Bali dengan tehnik membaca nyaring (gemar membaca)
|
2
|
2
|
2
|
66.67
|
||||
8.2.2 Mengutif
teks aksara Bali ke huruf latin (kerja keras)
|
2
|
2
|
2
|
66.67
|
||||
8.2.3 Menulis
uger-uger pasang aksara Bali yang terdapat pada wacana (kreatif)
|
2
|
2
|
2
|
66.67
|
||||
8.3
|
Menyalin teks aksara
latin keaksara Bali
|
70.37
|
||||||
8.3.1 Membaca
teks aksara latin (gemar membaca)
|
3
|
2
|
2
|
77.78
|
||||
8.3.2 Menulis
kemBali teks latin yang dibaca dengan Aksara Bali (disiplin)
|
2
|
2
|
2
|
66.67
|
||||
8.3.3 Menulis
uger-uger pasang aksara Bali yang ditemukan dalam wacana (kreatif)
|
2
|
2
|
2
|
66.67
|
||||
RATA-RATA
|
2.12
|
2.00
|
2.00
|
68.04
|
68.14
|
67.92
|
||
KKM
MATA PELAJARAN
|
68
|
Mengetahui,
Panji,
Kepala
Sekolah Guru
Bidang Studi Bahasa Bali
I
Gst Bagus Ngurah Suradnyana, S.Pd.SD Ni Nyoman Warti,
S.Pd
NIP. 19610306 198304 1 004 NIP.
19571231 197803 2 042
Tidak ada komentar:
Posting Komentar