PROGRAM
TAHUNAN
Nama : SD No 4
PANJI
Mata
Pelajaran : Bahasa
Bali
A.
PERHITUNGAN
ALOKASI WAKTU
NO
|
URAIAN
PEKAN
|
BULAN
|
JUMLAH
|
|||||||||||
JUL
|
AGS
|
SEP
|
OKT
|
NOP
|
DES
|
JAN
|
FEB
|
MAR
|
APR
|
MEI
|
JUN
|
|||
1.
|
Pekan
Seluruhnya
|
4
|
4
|
4
|
5
|
2
|
3
|
|||||||
2.
|
Pekan
Tidak Efektif
|
1
|
-
|
1
|
1
|
-
|
2
|
|||||||
3.
|
Pekan
Yang Efektif
|
3
|
4
|
3
|
4
|
2
|
1
|
B.
PROGRAM
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
NO
|
STANDAR
KOMPETENSI/
KOMPETENSI
DASAR
|
BULAN
|
||||||||||||
JUL
|
AGS
|
SEP
|
OKT
|
NOP
|
DES
|
JAN
|
FEB
|
MAR
|
APR
|
MEI
|
JUN
|
|||
1.
|
1. Memahami
ragam wacana lisan, prosa, puisi Bali anyar,
gendingan dan cerita
|
|||||||||||||
1.1
|
Menulis hal-hal
penting/pokok dari suatu wacana yang dibacakan
|
|||||||||||||
1.2
|
Mengidentifikasi tokoh,
watak, latar, tema atau makna dari cerita (satua) yang dibacakan
|
|||||||||||||
1.3
|
Menuliskan pesan yang disampaikan
melalui prosa puisi dan gending Bali yang diperdengarkan
|
|||||||||||||
2. Mengungkapkan
pikiran, pendapat, perasaan secara lisan, bercakap-cakap tentang berbagai
topic, menceritakan kembali apa yang didengar dan dibaca
|
||||||||||||||
2
|
2.1
|
Menceritakan secara
lisan pengalaman melakukan suatu kegiatan
|
||||||||||||
2.2
|
Menanggapi
(mengkritik/memuji) sesuatu hal disertai alas an dengan menggunakan bahasa
yang santun
|
|||||||||||||
2.3
|
Memerankan drama anak
singkat
|
|||||||||||||
3. Memahami
teks yang bersifat sastra dan non sastra, cerita rakyat dengan membaca
intensif dan membaca sekilas
|
||||||||||||||
3
|
3.1
|
Membaca naskah pidato
dengan lafal dan intonasi yang sesuai
|
||||||||||||
3.2
|
Menceritakan dengan
kata-kata dan kalimat sendiri tentang cerita rakyat yang dibaca
|
|||||||||||||
4
|
4. Mengungkapkan
pikiran dan perasaaan melalui bahasa tulis berhuruf latin dan aksara Bali
|
|||||||||||||
4.1
|
Menulis pidato
menggunakan huruf latin dan aksara bali
|
|||||||||||||
4.2
|
Membuat ringkasan dari teks
yang dibaca atau yang didengar
|
|||||||||||||
4.3
|
Menyalin teks, wacana
yang menggunakan aksara Bali
|
|||||||||||||
5
|
5. Memahami
ragam wacana lisan, prosa, puisi bali anyar, gendingan, dan drama pendek
|
|||||||||||||
5.1
|
Menyimpulkan isi
berita yang di dengar dari televisi atau radio
|
|||||||||||||
5.2
|
Menceritakan isi drama
pendek yang disampaikan secara lisan
|
|||||||||||||
6
|
6. Mengungkapkan
pikiran, perasaan informasi dengan berpidato
|
|||||||||||||
6.1
|
Berpidato untuk berbagai
keperluan (acara perpisahan)
|
|||||||||||||
6.2
|
Menceritaka pengalaman
tentang liburan
|
|||||||||||||
6.3
|
Membaca Puisi Bali
Anyar karya sendiri dengan ekspresi yang tepat
|
|||||||||||||
7
|
7. Memahami
teks yang bersifat sastra dan non sastra, gendingan, puisi berhuruf latin
|
|||||||||||||
7.1
|
Menemukan makna
tersirat suatu teks sastra dan non sastra huruf
|
|||||||||||||
7.2
|
Mengidentifikasi
berbagai unsur (tokoh, sifat, latar, tema, jalan)
|
|||||||||||||
7.3
|
Membaca lancar Puisi
Bali huruf latin dan Aksara Bali dengan lafal dan intonasi yang sesuai
|
|||||||||||||
8
|
8. Mengungkapkan
pikiran, dan perasaan melalui bahasa tulis berhuruf latin dan beraksara Bali,
menyalin teks beraksara Bali ke huruf latin dan dari huruf latin ke aksara
Bali
|
|||||||||||||
8.1
|
Menyusun naskah pidato/
sambutan menggunakan huruf latin dan Aksara Bali
|
|||||||||||||
8.2
|
Menyalin teks beraksara
Bali ke huruf latin
|
|||||||||||||
8.3
|
Menyalin teks huruf
latin ke aksara Bali
|
Mengetahui, Panji,
Kepala Sekolah Guru Bidang
Studi Bahasa Bali
I Gst Bagus Ngurah Suradnyana, S.Pd.SD Ni
Nyoman Warti, S.Pd
NIP. 19610306 198304 1 004 NIP.
19571231 197803 2 042
Tidak ada komentar:
Posting Komentar