loading...


Jumat, 08 Mei 2015

PROGRAM TAHUNAN Mata Pelajaran: Bahasa Bali Kelas : VI

PROGRAM TAHUNAN

Nama                                      : SD No 4 PANJI
Mata Pelajaran                      : Bahasa Bali
Kelas                                       : VI

FILE ASLINYA


A.    PERHITUNGAN ALOKASI WAKTU
NO
URAIAN PEKAN
BULAN
JUMLAH
JUL
AGS
SEP
OKT
NOP
DES
JAN
FEB
MAR
APR
MEI
JUN
1.
Pekan Seluruhnya






4
4
4
5
2
3

2.
Pekan Tidak Efektif






1
-
1
1
-
2

3.
Pekan Yang Efektif






3
4
3
4
2
1


B.     PROGRAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
NO
STANDAR KOMPETENSI/
KOMPETENSI DASAR
BULAN
JUL
AGS
SEP
OKT
NOP
DES
JAN
FEB
MAR
APR
MEI
JUN
1.
1.     Memahami ragam wacana lisan, prosa, puisi  Bali anyar, gendingan dan cerita













1.1
Menulis hal-hal penting/pokok dari suatu wacana yang dibacakan













1.2
Mengidentifikasi tokoh, watak, latar, tema atau makna dari cerita (satua) yang dibacakan













1.3
Menuliskan pesan yang disampaikan melalui prosa puisi dan gending Bali yang diperdengarkan













2.    Mengungkapkan pikiran, pendapat, perasaan secara lisan, bercakap-cakap tentang berbagai topic, menceritakan kembali apa yang didengar dan dibaca












2
2.1
Menceritakan secara lisan pengalaman melakukan suatu kegiatan













2.2
Menanggapi (mengkritik/memuji) sesuatu hal disertai alas an dengan menggunakan bahasa yang santun













2.3
Memerankan drama anak singkat













3.    Memahami teks yang bersifat sastra dan non sastra, cerita rakyat dengan membaca intensif dan membaca sekilas












3
3.1
Membaca naskah pidato dengan lafal dan intonasi yang sesuai













3.2
Menceritakan dengan kata-kata dan kalimat sendiri tentang cerita rakyat yang dibaca












4
4.    Mengungkapkan pikiran dan perasaaan melalui bahasa tulis berhuruf latin dan aksara Bali













4.1
Menulis pidato menggunakan huruf latin dan aksara bali













4.2
Membuat ringkasan dari teks yang dibaca atau yang didengar













4.3
Menyalin teks, wacana yang menggunakan aksara Bali












5
5.    Memahami ragam wacana lisan, prosa, puisi bali anyar, gendingan, dan drama pendek













5.1
Menyimpulkan isi berita yang di dengar dari televisi atau radio













5.2
Menceritakan isi drama pendek yang disampaikan secara lisan












6
6.    Mengungkapkan pikiran, perasaan informasi dengan berpidato













6.1
Berpidato untuk berbagai keperluan (acara perpisahan)













6.2
Menceritaka pengalaman tentang liburan













6.3
Membaca Puisi Bali Anyar karya sendiri dengan ekspresi yang tepat












7
7.    Memahami teks yang bersifat sastra dan non sastra, gendingan, puisi berhuruf latin













7.1
Menemukan makna tersirat suatu teks sastra dan non sastra huruf













7.2
Mengidentifikasi berbagai unsur (tokoh, sifat, latar, tema, jalan)













7.3
Membaca lancar Puisi Bali huruf latin dan Aksara Bali dengan lafal dan intonasi yang sesuai












8
8.    Mengungkapkan pikiran, dan perasaan melalui bahasa tulis berhuruf latin dan beraksara Bali, menyalin teks beraksara Bali ke huruf latin dan dari huruf latin ke aksara Bali













8.1
Menyusun naskah pidato/ sambutan menggunakan huruf latin dan Aksara Bali













8.2
Menyalin teks beraksara Bali ke huruf latin













8.3
Menyalin teks huruf latin ke aksara Bali













            Mengetahui,                                                                                                                                        Panji,
            Kepala Sekolah                                                                                                                                   Guru Bidang Studi Bahasa Bali



I Gst Bagus Ngurah Suradnyana, S.Pd.SD                                                                                        Ni Nyoman Warti, S.Pd

NIP. 19610306 198304 1 004                                                                                                            NIP. 19571231 197803 2 042

Tidak ada komentar:

Posting Komentar