loading...


Jumat, 08 Mei 2015

PENENTUAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL PER SK, KD DAN INDIKATOR MATA PELAJARAN BAHASA BALI KELAS IV

PENENTUAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
PER SK, KD DAN INDIKATOR

1.      Nama Sekolah                       : SD No 4 Panji
2.      Mata Pelajaran                      : Bahasa Bali
3.      Kelas                                       : VI

FILE ASLINYA


NO
STANDAR
KOMPETENSI/KOMPETENSI
DASAR/INDIKATOR
KRITERIA PENCAPAIAN KETUNTASAN BELAJAR SISWA
KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM
KOMPLEKSITAS
DAYA
DUKUNG
INTAKE
IND
KD
SK
1
1.     Memahami ragam wacana lisan, prosa, puisi Bali anyar, gendingan dan, cerita





71.11

1.1
Menulis hal-hal penting/pokok dari suatu wacana yang dibacakan




77.88



1.1.1         Mendengarkan wacana (rasa ingin tahu)
3
2
3
77.88




1.1.2         Menulis hal-hal penting yang ada pada suatu wacana yang dibacakan (mandiri)
3
2
3
77.88




1.1.3         Menjelaskan isi wacana (komunikasi)
3
2
3
77.88



1.2
Mengidentifikasi tokoh, watak, latar, tema atau makna dari cerita (satua) yang dibacakan




77.88



1.2.1        Menyebutkan unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik dalam sebuah cerita (rasa ingin tahu)
3
2
3
77.88




1.2.2        Menyebutkan tokoh, watak, latar, tema, yang ada pada wacana/cerita (tanggung jawab)
3
2
3
77.88




1.2.3        Menyebutkan pesan ada pada wacana/cerita (jujur)

3
2
3
77.88



1.3
Menuliskan pesan yang disampaikan melalui prosa, puisi dan gending Bali yang diperdengarkan




66.67



1.3.1         Menyebutkan pengertian prosa, puisi dang ending Bali (rasa ingin tahu)
2
2
2
66.67




1.3.2         Menulis pokok cerita yang ada pada prosa, puisi, dan gending Bali yang didengarkan (mandiri)
2
2
2
66.67




1.3.3         Mencatat pesan yang disampaikan melalui prosa, puisi dan gending Bali (kreatif)
2
2
2
66.67




1.3.4         Menyebutkan pesan yang disampaikan melalui prosa, puisi dan gending Bali (komunikatif)
2
2
2
66.67


2
2.    Mengungkapkan pikiran, pendapat, perasaan secara lisan, bercakap-cakap tentang berbagai topik, menceritakan kemBali apa yang




66.67


2.1
Menceritakan secara lisan pengalama melakukan suatu kegiatan




66.77



2.1.1         Menentukan topik cerita pengalaman yang akan dibawakan
2
2
2
66.67




2.1.2         Menulis pokok-pokok cerita pengalaman dalam melakukan suatu kegiatan (kreatif)
2
2
2
66.67




2.1.3         Menjelaskan secara lisan cerita pengalaman dalam melakukan suatu kegiatan (kreatif)
2
2
2
66.67



2.2
Menanggapi (mengkritik/memuji) sesuatu hal disertai alasan dengan menggunakan bahasa yang santun




66.67



2.2.1         Menentukan topik yang akan ditanggapi (kreatif)
2
2
2
66.67




2.2.2         Menyatakan kritikkan yang disertai alasan dengan menggunakan bahasa yang sopan (komunikatif)
2
2
2
66.67




2.2.3         Menyatakan pujian yang disertai alasan dengan menggunakan bahasa yang sopan (komunikatif)
2
2
2
66.67



2.3
Memerankan drama anak yang singkat




66.67



2.3.1        Menentukan topik yang akan di perankan (kreatif)
2
2
2
66.67




2.3.2        Melakukan latihan drama singkat (disiplin)
2
2
2
66.67




2.3.3        Mendemonstrasikan drama anak yang singkat (komunikatif)
2
2
2
66.67


3
3.     Memahami teks yang bersifat sastra dan non sastra, cerita rakyat dengan membaca intensif dan membaca sekilas





66.67

3.1
Membaca naskah pidato dengan lafal dan intonasi yang sesuai




66.67



3.1.1         Menentukan tema pidato yang akan dibacakan (kratif)
2
2
2
66.67




3.1.2         Melakukan latihan membaca naskah pidato dengan lafal dan intonasi yang benar (kerja keras)
2
2
2
66.67




3.1.3         Membaca naskah pidato dengan lafal dan intonasi yang benar (gemar membaca)
2
2
2
66.67



3.2
Menceritakan dengan kata-kata dan kalimat sendiri tentang cerita rakyat yang dibaca




66.67



3.2.1         Membaca intensif cerita rakyat calon arang (gemar membaca)
2
2
2
66.67




3.2.2         Menulis secara singkat pokok-pokok isi cerita (tanggung jawab)
2
2
2
66.67




3.2.3         Mendemonstrasikan cerita maya dan awa dengan kata-kata sendiri (komunikatif)
2
2
2
66.67


4.
Mengungkapkan pikiran dan perasaan melalui bahasa tulis berhuruf latin dan aksara Bali





66.67

4.1
Menulis pidato menggunakan huruf latin dan aksara Bali




66.67



4.1.1         Menyebutkan struktur pidato (rasa ingin tahu)
2
2
2
66.67




4.1.2         Menulis pidato tentang perpisahan dengan huruf latin (tanggung jawab)
2
2
2
66.67




4.1.3         Menulis pidato tentang perpisahan dengan aksara Bali (kreatif)
2
2
2
66.67



4.2
Membuat ringkasan dari teks yang dibaca atau yang didengar menggunakan huruf latin dan aksara Bali




66.67



4.2.1         Membaca intensif suatu teks (disiplin)
2
2
2
66.67




4.2.2         Menulis ringkasan dari teks yang di baca dengan huruf latin (tanggung jawab)
2
2
2
66.67




4.2.3         Menulis ringkasan dari teks yang di baca dengan huruf aksara Bali (tanggung jawab)
2
2
2
66.67



4.3
Menyalin teks, wacana yang menggunakan bahasa Bali




66.67



4.3.1         Melakukan latihan membaca wacana yang menggunakan aksara Bali (gemar membaca)
2
2
3
77.78




4.3.2         Menulis kemBali wacana beraksara Bali menggunakan huruf latin (tanggung jawab)
2
2
2
66.67




4.3.3         Menulis uger-uger pasang aksara Bali yang ditemukan dalam wacana (kreatif)
2
2
2
66.67


5
5.      Memahami ragam wacana lisan, prosa puisi Bali anyar, gendingan dan drama pendek





67.26

5.1
Menyimpulkan isi berita yang di dengar dari televisi dan radio




66.67



5.1.1         Mecatat pokok-pokok berita yang didengar dari televisi atau radio (disiplin)
2
2
2
66.67




5.1.2         Merangkum isi berita yang didengar dari televisi atau radio (kerja keras)
2
2
2
66.67




5.1.3         Menjelaskan isi berita yang didengar (komunikatif)
2
2
2
66.67



5.2
Menceritakan isi drama pendek yang disampaikan secara lisan




66.67



5.2.1         Menyimak dengan seksama drama pendek yang didengar (rasa ingin tahu)
2
2
2
66.67




5.2.2        Mencatat pokok-pokok cerita drama pendek yang didengar (disiplin)
2
2
2
66.67




5.2.3         Menjelaskan isi drama pendek yang didengar secara lisan (komunikatif)
2
2
2
66.67



6       Mengungkapkan pikiran, perasaan informasi dengan berpidato bercerita, dan baca puisi Bali anyar







6.1
Berpidato untuk berbagai keperluan (acara perpisahan, perayaan ulang tahun sekolah, dll) dengan lafal, intonasi, dan sikap yang tepat




66.67



6.1.1        Memilih tema pidato yang akan dibawakan (kreatif)
2
2
2
66.67




6.1.2        Melakukan latihan berpidato sesuai tema yang dipilih dengan lafal, intonasi, dan sikap yang tepat (disiplin)
2
2
2
66.67




6.1.3     Menyampaikan pidato yang ditulis dengan lafal, intonasi, dan sikap yang tepat (komunikatif)
2
2
2
66.67



6.2
Menceritakan pengalaman tentang liburan




66.67



6.2.1     Menulis hal-hal penting tentang pengalaman pribadi saat liburan (kreatif)
2
2
2
66.67




6.2.2     Melakukan latihan menceritakan pengalaman berdasarkan hal-hal penting
2
2
2
66.67




6.2.3     Menyampaikan pengalaman di depan kelas (komunikatif)
2
2
2
66.67



6.3
Membaca Puisi Bali Anyar karya sendiri dengan ekspresi yang tepat




66.67



6.3.1     Menyebutkan unsur-unsur intrinsik yang terdapat dalam Puisi Bali Anyar (rasa ingin tahu)
2
2
2
66.67




6.3.2     Menyebutkan cara/ tehnik membaca puisi (kreatif)
2
2
2
66.67




6.3.3     Memilih tema puisi Bali Anyar (kreatif)
2
2
2
66.67




6.3.4     Menulis dengan kata-kata sendiri Puisi Bali Anyar sesuai tema (kreatif)
2
2
2
66.67




6.3.5     Melakukan latihan membaca puisi yang ditulis dengan ekspresi yang tepat (disiplin)
2
2
2
66.67




6.3.6     Membaca puisi yang ditulis dengan ekspresi yang tepat di depan kelas (komunikatif)
2
2
2
66.67



7.     Memahami teks yang bersifat sastra dan non sastra huruf latin dan Aksara Bali melalui membaca intensif dan membaca lancar




66.67


7.1
Menemukan makna tersirat suatu teks sastra dan non sastra huruf latin dan aksara Bali melalui membaca intensif
2
2
2
66.67




7.1.1     Menyebutkan langkah-langka/tehnik membaca intensif (rasa ingin tahu)
2
2
2
66.67




7.1.2     Membaca intensif suatu teks sastra dan non sastra huruf latin dan aksara Bali (gemar membaca)
2
2
2
66.67




7.1.3     Menandai pokok-pokok pikiran teks sastra dan non sastra huruf latin dan aksara Bali (kerja keras)
2
2
2
66.67




7.1.4     Mengidentifikasi makna yang tersirat suatu teks sastra dan non sastra huruf latin dan aksara Bali (kreatif)
2
2
2
66.67




7.1.5     Menjelaskan makna yang tersirat suatu teks sastra dan non sastra huruf latin dan aksara Bali (komunikatif)
2
2
2
66.67



7.2
Mengidentifikasi berbagai unsur (tokoh sifat, latar, tema dan amanat)




69.64



7.2.1     Menyebutkan pengertian tokoh sifat, latar, tema dan amanat (rasa ingin tahu)
2
2
2
66.67




7.2.2     Membaca intensif teks drama anak (gemar membaca)
2
2
2
66.67




7.2.3     Mengidentifikasi tokoh sifat, latar, tema, jalan cerita dan amanat dari teks drama anak (rasa ingin tahu)
2
2
2
66.67




7.2.4     Menyebutkan tokoh sifat, latar, tema, jalan cerita dan amanat dari teks drama anak (tanggung jawab)
3
2
2
77.78



7.3
Membaca lancar Puisi Bali huruf latin dan Aksara Bali dengan lafal dan intonasi yang sesuai




66.67



7.3.1     Menyebutkan langkah-langkah (tehnik) membaca indah (rasa ingin tahu)
2
2
2
66.67




7.3.2     Melatih diri membaca indah puisi Bali huruf latin dan beraksara Bali dengan lafal dan intonasi yang sesuai (kreatif)
2
2
2
66.67




7.3.3     Membaca lancar puisi Bali huruf latin dan beraksara Bali dengan lafal dan intonasi yang sesuai (gemar membaca)
2
2
2
66.67



8.    Mengungkapkan pikiran, dan perasaan melalui bahasa tulis berhuruf latin dan beraksara Bali, menyalin teks beraksara Bali ke huruf latin dari huruf latin ke aksara Bali




66.67


8.1
Menyusun naskah pidato/ sambutan menggunakan huruf latin dan aksara Bali

2
2
2
66.67




8.1.1     Menyebutkan struktur pidato (rasa ingin tahu)
2
2
2
66.67




8.1.2     Memilih tema pidato (kreatif)
2
2
2
66.67




8.1.3     Menyusun naskah pidato sederhana dengan menggunakan huruf latin dan aksara Bali (kerja keras)
2
2
2
66.67



8.2
Menyalin teks aksara Bali ke huruf latin




66.67



8.2.1     Membaca teks aksara Bali dengan tehnik membaca nyaring (gemar membaca)
2
2
2
66.67




8.2.2     Mengutif teks aksara Bali ke huruf latin (kerja keras)
2
2
2
66.67




8.2.3     Menulis uger-uger pasang aksara Bali yang terdapat pada wacana (kreatif)

2
2
2
66.67



8.3
Menyalin teks aksara latin keaksara Bali




70.37



8.3.1     Membaca teks aksara latin (gemar membaca)
3
2
2
77.78




8.3.2     Menulis kemBali teks latin yang dibaca dengan Aksara Bali (disiplin)
2
2
2
66.67




8.3.3     Menulis uger-uger pasang aksara Bali yang ditemukan dalam wacana (kreatif)
2
2
2
66.67


RATA-RATA
2.12
2.00
2.00
68.04
68.14
67.92
KKM MATA PELAJARAN





68


Mengetahui,                                                                            Panji,
Kepala Sekolah                                                                       Guru Bidang Studi Bahasa Bali




I Gst Bagus Ngurah Suradnyana, S.Pd.SD                            Ni Nyoman Warti, S.Pd

NIP. 19610306 198304 1 004                                                NIP. 19571231 197803 2 042

Tidak ada komentar:

Posting Komentar