loading...


Selasa, 07 Juli 2015

CARA MENAMBAHKAN AKHIRAN TEKS DI BELAKANG ANGKA PADA EXCEL 2010


Sahabat BelajarExcel.info, pernahkah Anda mengalami kesulitan ketika menambahkan kejelasan pada angka-angka yang kita kerjakan pada Excel? Misalkan angka 5 yang kita maksud adalah 5 jam? Atau 3 yang kita maksud adalah 3 kg?
Kita bisa saja mengetikkan tulisan “3 kg” pada cell Excel kita, namun sebagai akibatnya tulisan tersebut tentu tidak dapat dijumlahkan karena tidak diperlakukan sebagai angka.
Pada artikel kali ini akan dijelaskan tips singkat cara menambahkan satuan atau akhiran teks di belakang angka.
  1. Berikut adalah contoh tampilan dokumen Excel yang akan digunakan, penulis akan menambahkan akhiran “jam” pada kolom D (Durasi).
    ibicc_sample
  2. Dari contoh, penulis memilih range cell D4:D11. Kemudian klik icon panah kecil pada groupNumber untuk membuka dialog atau tekan tombol CTRL+1.
    select_and_open_format_number_dialog
  3. Pada dialog Format Cells, klik tab Number.
  4. Masih pada dialog Format Cells, pada panel Category yang terletak di sebelah kiri dialog pilihCustom.  Pada kotak input Type, ketik #,##0 “jam” seperti terlihat pada gambar berikut.
    type_input_box
  5. Klik tombol OK untuk menutup dialog Format Cells.
  6. Berikut adalah hasil akhir dari format yang kita masukkan tersebut. Hasil ini sudah sesuai yang kita inginkan, dan jika Anda gunakan berbagai formula maka nilai-nilai pada cell tersebut masih dianggap sebagai angka.
    final_result
  7. Selesai.

http://www.belajarexcel.info/2014/12/cara-menambahkan-satuan-di-belakang-angka-pada-excel-2010.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar